Susahnya ngurus anak di LN


Pertanyaan Tante Nila ( Koenil) di comment sebelumnya,tentang bedanya mengasuh anak di LN dan ditanah air, menarik sekali dan membuat aku ingin cerita, terutama saat sekarang ini.
Tapi sebelum aku cerita panjang aku ingin ucapankan terimakasih buat teman teman yang sudah mendoakan kesembuhan mamaku. Mama sudah berangsur baik dan beliau berharap untuk segera sembuh dan bisa melakukan perjalanan mengunjungi kami.

Kedatangan mama memang sangat aku tunggu, selain buat melepas kangen, juga baik buat perkembangan anak anakku, biar mereka mengenal neneknya, kalau cuman cerita ya mereka mana paham lah.
Ketika mama datang kemarin meski cuman sebentar, ada sedikit perkembangan baik buat Michael, dia bisa lebih mandiri tidak tergantung aku melulu. Michael mulai merasa tenang dan aman untuk ditinggal dengan orang dewasa lainnya.

Orang orang yang dikenalnya saat ini masih terbatas, selain aku memang tidak suka bertandang kesana kemari, kesibukan orang orang disini juga membuat kami jarang ketemu muka.

Bedanya mengasuh anak disini ya mulai dari itu lah.
kalau di Indonesia, banyak saudara tetangga, yang secara tidak langsung ikut membentuk anak kita menjadi manusia yang sesuai dengan keadaan lingkungannya.

Kalau disini,masa sebelum mereka sekolah cuman orang dirumah saja yang bisa mereka contoh, ada baiknya, paling tidak kami bisa membatasi dan mengatur sesuai dengan apa yang kami inginkan tanpa campur tangan pihak ke3.

Nggak enaknya, ya semua diatur sendiri dari matahari terbit sampai matahari tenggelam.

Anak anak disinikan dilindungi sekali dengan LAW, apalagi mereka yang lahir dan sudah otomatic jadi warga negara sini.
Disini anak tidak boleh dipukul, yang mungkin kalau di Indonesia liat anak disuruh pulang sama orang tuanya sambil diseret-seret sudah hal yang biasa.
Disini tidak bisa begitu, anak dipukul saja bisa dilaporkan ke polisi dan anak kita diambil oleh social service untuk diasuh negara.

Ya susah juga jadinya, bagaimana kalau anaknya nakal sekali dan nggak bisa diatur.
Pemerintah disini menyarankan (ad di Media media ) untuk menjadikan anak TEMAN,Sahabat, sehingga mereka bisa kita ikuti perkembangannya.

Aku berusaha untuk menjadikan dia teman bicara, teman main, dan tidak berkurang respect sama aku dengan cara yang menurutku sesuai aku terapkan keanakku.

Karena lingkungan hidup disini yang mengharapkan anak sedini mungkin diajarkan cara mandiri, Mis: duduk di kursinya sendiri di mobil( ini diharuskan sekali), tidur sendiri di kamarnya, dan hal hal lain yang secara tidak langsung mengajarkan anak untuk tidak tergantung dengan orangtuanya, menyebabkan aku juga mendidik mereka dengan cara hidup orang sini.Tapi aku nggak mau mereka kehilangan kasih sayang masa kecilnya.
Menurut aku pribadi, biarlah saat ini mereka tidur denganku, saat malam hari,sebab selain aku bisa tahu keadaan anakku pada malam hari, dan mereka juga merasa tenang dengan adanya diriku dikamar bersama mereka.
Mungkin nanti saat Michael sudah bisa diajak komunikasi dengan baik, aku akan terapkan dia untuk tidur dikamarnya sendiri. Aku yakin pasti bisa soalnya aku kecil dulu juga begitu kok, kelas 1 SD baru aku tidur dikamar sendiri.

Untuk saat ini, aku cuman jalanin apa yang bisa aku lakukan dan tidak menentang peraturan pemerintah sini, sebab aku tidak mau disalahkan negara nantinya.
meskipun norma norma timur masih tetap aku terapkan.

untuk Koenil semoga ceritaku menjawab keingintahuannya..:),
Disini keberhasilan atau tidaknya si anak, memang semua tergantung terhadap orang tua mendidiknya, bukan karena lingkungannya,meskipun lingkungan memang mengambil peranan dalam pola hidup mereka.
Kalau nggak, mana mungkin orang orang harus susah payah cari lingkungan rumah yang baik dan aman buat anak anaknya.
Dan biasanya yang lingkungan baik dan aman, harga rumah sekitarnya juga jadi lebih mahal.

Comments

Greiche Gege said…
Hai mba..aku ketinggalan banyak postingan..:((
Alhamdulillah yah mama mba Holly dah sembuh dan mudah2an bisa cepet2 ketemu michael dan ryan..
Iya nih, doain cepet sembuh yah..kangen pengen blogwalking huhuhu...Kapan2 kita ceting lagi yah..miss uu banget nget...
Hazmin Family said…
Alhamdulillah, Mama-nya Holly sdh sembuh. Mudah2an juga bisa segera datang ke ATL.

Aku salut & angkat topi sama temen2 spt Holly yg punya anak dan tinggal di LN. Nggak kebayang dech gimana sibuknya ngurus anak tanpa ada yg bantu. Tp memang hidup kan harus dijalani ya .. bukan begitu Bu ?

Mudah2an waktu & didikan yg diberikan kpd Michael & Ryan, insya Allah membuat mereka menjadi anak yang cerdas & sholeh .. Amien.
Lili said…
salut dan angkat topi deh sama Mamah2 yg ngurus anak di LN, kan gak ada yg bantuin kayak kita gini di Indo...

Selamat berjuang dan Insya Allah pahala besar yg di dapat, aamiin
Labibah said…
namabah,
secara teknis kalau winter, sangat ribet. karena klo disekolaha anak harus mandiri dari nyopot boot, ganti sepatu, copot2 jaket, syal, sarung tangan, penutup kepala dan harus diletakkan ditempatnya biar gak ilang plus klo mau pulang harus make2 semuanya sendiriii. ya semuanya dilakukan sendiri. aku klo membayangkan anak2 make semuanya sendiri kadang suka gak tega. jadi aku milih gak membayangkan hehe.
apa kabar Holly?

-maknyak-
http://serambirumahkita.blogspot.com
emang jagoan banget ibu2 yang ngurus anak & rumah di LN, sendirian..
gw ngerasain badan rontok semua tuch kalo lagi liburan semua asisten mudik.. gag terbiasa kalee ;)

ups, jadi malu nih..bikin pengakuan dosa he..he..


shendy
Wina said…
mba holly.. lam kenal..

baideweh aku mang udh lama pengen tau gmn sih cara didik anak di ln, aku bener2 salut ama para ortu di LN .. salut banget deh.. apa2 dilakukan sendiri..dan tak ada pembantu pulak!!

ga nyangka yah disana bener2 diperhatikan hak2 anak, kereen banget. coba diterapkan diindo, apa jadinya yah? bisa2 separuh dari ortu masuk penjara.. hihih.. abis kesel banget liat kekerasan pada anak2 dimana2..

tapi aku setuju tuh mslh didikan anak yg harusnya berpengaruh yah keluarganya sendiri, jangan sampe tetangga, sodara dll pada ikut terlibat. diindo sini kan kesannya anak kita milik rame2..
D-eby said…
Ember banget ngasuh di LN harus punya tenaga extra lahir bathin, makanya gw salut banget ama supermom kayak holly yang bisa ngurus 2 anak balita sendiri dan begitupun ama para ibu2 lain yang ngurus anaknya di LN. Hidup di LN emang harus mandiri dan gak boleh manja yak ! semoga nanti gw jadi ibu yang bisa nangani persoalan anak kayak ibu Holly ini yang kudu tahan uji.

I am glad that your mom getting better may she will be able to meet Mike and Ryan this coming month yah...amin.

Yupe..looking forward to see you and your troop this weekend for yellow rice parteeee...:)
ini ternyata rumah barunya michael ya ama ryan :)
wah lumayan juga ya kalo di Indo bnyk yg bantu kanan kiri, bnyk tante2 yg lain, ada pembantu... disana kudu mandiri hmmmff... hebat banget!!
Salut buat ibu2 semua dech yg di LN :)
keluarganugraha said…
emang berat tapi gw lebih seneng cara hidup di sini sih... kecuali urusan agama yang musti kita lebih streng-in...

soal anak dilindungi... di sini pernah kejadian tuh hol, ada anak yang ditempeleng *gag keras padaal* pipinya di supermarket, trus langsung isunya dilaporin ke polisi ama orang-orang yang ngeliat...
yenni 'yendoel' said…
wah, kalo anak dipukul aja dilapor polisi yah? kadang kalo nakalnya keterlaluan menurutku sekali2 boleh dipukul lho (pantatnya doang lah).
wah, suamiku bisa ditangkap polisi nih, soalnya agak keras dalam mendidik anak.
ah, aku migrasi aja ke US, biar anak gak dipukul (*jadi manjain nih*)