Bahasa Indonesia , 4 of july and 11 months of Ryan


Sudah hampir sebulan aku nggak update blog ini,cerita banyak cuman semangat dan mood nggak ada buat menulisnya,soalnya mamaku sakit lagi dan masuk ruang ICU di RSPP Jakarta.Kali ini mama sakit lebih parah dari sebelumnya, yang rencananya bulan ini mau ke US, jadi tertunda lagi.
Mama memang berencana mau merayakan Ultah Ryan ( cucu kesayangan nenek,soalnya dari lahir sampai sebulan tidur sama nenek ),Tapi Allah menentukan lain, baru ngomongnya malamnya cerita rencana mama kesini, paginya mama kena stroke lagi.
Mungkin memang mama harus istirahat lebih lama dulu sebelum balik lagi kesini.
Mama agak bandel juga sih, disuruh nggak usah ngapa ngapain lagi, tetap aja ngerjain kerjaan, kalau kerjaan itu punya mama sih nggak apa apa, itu kerjaan orang yang mama kerjain ,jadinya kami agak kecewa aja mama nggak mau dengar omongan kami untuk lebih relax dan istirahat banyak.
Sampai aku nulis ini mama masih di ICU, aku nulis lagi atas permintaan papa yang pengen tahu perkembangan cucunya sekarang.


Ryan sudah mau Ulangtahun bulan ini , tanggal 28. Kali ini kita nggak merayakan seperti ulang tahun Michael, selain dalam suasana prihatin ,juga sesuai ucapan mama yang pernah nyaranin aku buat merayakan sendiri aja, dan uang yang seharusnya buat pesta bisa dibuat beli hadiah buat Ryan, lagian dia juga belum ngerti kok, lain kalau ntar sudah banyak teman dan sekolah, kayaknya boleh aja kalau dirayain rame rame undang teman temannya.


Kemarin ketika hari kemerdekaan America, kami bertiga ( Mama, Ryan, Michael ) pergi ke city hall kota kami, ada banyak attraction, yang tahun kemarin biasanya kami pergi ke Mall of Georgia, sekarang aku pergi yang dekat aja, lagian takut susah jalan pulangnya seperti tahun kemarin itu.
kami pergi awal banget, jam 4 sudah pergi dan kebetulan pas banget dapat parkir strategis, tapi nggak banyak lihat sih soalnya susah dorong kereta anak anak sendiri pas udara panas sampai 86 F, wah panas dan gerah banget deh.
Aku ajak Michael main baloon castle, ketagihan dia pengen main terus padahal cuman dijatah 5 menit buat lompat lompat dan kalau mau main lagi ya antri lagi,Michael nggak mau antri dia jerit jerit pengen main lagi,jadi susah deh kalau gini, mana Ryan dikereta nggak boleh ditinggal sakit bingungnya sampai nggak perhatiin kalau sepatu Ryan hilang sebelah.

Karena udara panas banget dan aku sakit perut(datang bulan), ya udah aku pulang dulu sekalian mandiin dan ganti baju anak anak.
firework tuh acaranya jam 9 malam, jadi jam 8.30 aku sudah atur anak anak di mobil, dan aku pergi isi bensin dulu, trus karena dekat ya sebelum jam 9 sudah sampai ditempat yang bagus buat lihat firework dari mobil, eh pas lihat kebangku belakang dua kurcaciku sudah tidur pulas karena capek main seharian, ya udah balik lagi lah sambil lihat dari kaca spion firework beraksi.

Bahasa Indonesia

Michael aku biasakan berbahasa Indonesia, dan Inggris sesekali, tapi dirumah dominant bahasa Indonesia, kalau bahasa Inggris aku pakai kalau keluar rumah saja.
Dan selama ini dia dah mulai bisa ngerti sedikit sedikit ke 2 bahasa itu,
Untuk bahasa Indonesia dia sudah bisa bilang " Habis , Rusak, dan berhitung satu -sepuluh"
Kalau bahasa Inggris mulai banyak dan berhitung mulai dari 1-20,
Ada temanku nyaranin kalau membiasakan Anak anakku bahasa Inggris saja dirumah, alasannya, ada anak teman nggak bisa bahasa Inggris tapi bisanya malah bahasa Sunda dan dialek jakarta ( mis;apa loe, kagak ).

Ya saran itu aku iyakan saja, tapi aku nggak melakukannya, cuman aku ambil segi positifnya.
Aku tetap ajarin anakku lagu lagu Indonesia,bahasa Indonesia, tapi tidak dialek Sunda, sumatra or jawa, or suku lain.

Kemarin aku baca di Newspaper Asian disini, kalau goverment mencari yang bisa bahasa Asian;Indonesia ( melayu), vietnam,dll. untuk menjadi army disini.
Nah siapa bilang bahasa Indonesia tidak berarti, banyak bagusnya kok belajar bahasa Indonesia.
Di Australia saja ada subject pilihan disekolah untuk bahasa Indonesia, nah kenapa kita nggak coba mengenalkan bahasa kita sendiri keanak kita.
Jadi kalau dia besar nanti ada manfaat lebih buat dia, siapa tahu Michael atau Ryan atau adiknya, jadi duta besar America untuk Indonesia...Amien.

Comments

Desy S. Satria said…
mbak, tadi telp kok gak bilang2 mama sakit.... lagi males nih buka2 blog... @penyakit@ mudah2an cepet sembuh ya mbak... kalo telp salam dari kita di orlando...

btw baru 86 degree mbak, orlando kadang diatas 100... panasnya amit2 deh... hehehe.. jadi males keluar rumah.

kalo dokternya rasheed malah nganjurin aku ajarin bhs indonesia mbak, katanya kalo bhs inggris dia pasti bisa, kalo bhs ibu rugi kalo gak bisa, jadi ade disuruh ber bhs ind kalo dirumah.... gak ada ruginya kok, tar kalo diajak pulang, ke Blok M, gak bisa nawar kan rugi... hehehe... yg ada belanja dimahalin... :)) dasar ibu2 maunya nawar mulu... :)
Unknown said…
Aku juga ngajarin anak2ku bahasa Indonesia biar nanti kalo pulang bisa ngobrol ama nenek&kakek nya.
Mudah2an mamanya cepet sembuh ya.
D-eby said…
indeed true ! some baby books that I read also strongly suggest to teach other language than english in home.

Btw, we still keep praying for your mom health, may she can recover soon and come to visit ryan n mike ;)
Anonymous said…
waaah lama gak mampir ternyata dah tambah besar n pinter ya mbak, salam sayang dari Jakarta :)

eh bener tuh diajarin bhs Indonesia, jadi ntar kalu dah gede bisa baca2 blog mamanya yg asyik ini hehehe...
Anonymous said…
holly, mamanya udah gimana? udah baekan ?

apdet terus ya, semoga cepet sembuh .
ubikan said…
Duhh cepet sembuhh yahh buat mamanya Holly.

Gw juga ama Meyra baasa Indonesa 80% trus 20% english. Ama papanya 90% baasa turkey, 10%nya blanda.
Anak Indonesa kudu dungg harus bisa baasa Indonesa!

Makanya gw ampe karang gak abis pikir klok ada orang indonesa nyang kawin ama bule trus punya anak tapi gak diajarin baasa Indonesa.
Unknown said…
smoga mamanya mbak Holly cepet sembuh, biar cepet maen lg ma Mich n' Ryan...

eh..baru tau klo' di US nyari army yg bisa bhs melayu/indo, mudah2an cita2nya mbak agar Mich jd dubes tercapai..amin..
yenni 'yendoel' said…
aduh ..susah sekali ajarin anak bahasa indo,soalnya di rumah gak ada yg bisa omong indo kecuali aku.
pas lihat youtube ryan (apa michael yah?) nyanyi cicak2..sampai senyum2 sendiri, ingat waktu crystal pulang jambi (19bulan) diajarin mamaku nyanyi lagu itu. selain itu, dia nyanyi tik2 bunyi hujan. tapi sekrg kayaknya dah lupa. dah lama gak diajak nyanyi lagu itu lagi.