Kangkung dan Daun Singkong

Kangkung dan Daun Singkong adalah sayuran kesukaan, yang keduanya sangat langka dan susah didapat disini.
Terutama Kangkung, sudah setahun ini nggak ada lagi yang jual, isuenya sih dilarang beredar, entah kenapa, nggak jelas ..cuman rumor yang beredar belakang karena katanya ada ditemukan lintah dalam batang kangkung yang bikin orang bisa mati.
Nah yang anehnya tuh kejadian ada di luar US, tapi kok bisa malah langsung dilarang sih? sementara kemarin bayam yang katanya ditemukan telur cacing pita karena dipupuk pake kotoran kandang malah tetap aja ada tuh.

Akhirnya kemarin di sebuah desa (village atau kota kecil) temanku kasih tahu ada satu store orang vietnam yang punya yang jual kangkung, wah senang sekali dengarnya langsung pesan dan tolong dibawakan kalau kesini.
Aku pikir tadinya sih daun ubi jalar , eh nggak tahunya benar daun kangkung, akhirnya kesampaian juga tumis daun kangkung.
Aku sih nggak ngaruh sama cerita mengerikan itu, yang penting cara kita membersihkannya..dan memotongnya..bersih nggak?

Daun singkong juga kadang kadang aja ada, cuman ya itu kalaupun ada daunnya tua tua , kalau di Indonesia mungkin jadi makanan kambing.
Aku jadi ingat kejadian dulu waktu masih SMA jalan jalan sama mama kekuningan, kita mutar lewat pegunungan jalannya, lewat linggar jati.. pertengahan jalan mama lihat seorang bapak bapak bawa daun singkong keliatannya segar segara banget.
Ya udah kami stop kendaraan dan dari jendela mobil mama negur tuh bapak apakah beliau mau jual daun singkongnya.
Apa coba jawab si bapak itu? ... " maaf bu, ini buat Kambing..nggak dijual!!."
wahhh kita kalah sama kambing, kambing lebih utama.. hehehe. sepanjang perjalanan kami jadi ketawa geli deh dengan kejadian itu..ahh lucunya.. jadi kangen mama nih.

Kadang sama beliau kalau lagi nyetir berdua yogya-cirebon dan sebaliknya... suka banyak cerita menyenangnya kan dan seru, juga ada cerita yang menyebalkan dan memalukan (ketika aku ditilang polisi goblok dan mama marah marah..ceritanya ntar aja kalau ada yang request..soalnya memalukan sih hehehe)..Oh ya cerita kena tilang itu seminggu sebelum aku berangkat ke sydney..nyaris nggak berangkat tuh untung aja mama marah marah(marahnya sih ke aku ) dan polisinya jadi malah takut dengar mama marah marah hehehehe.

Semoga Mama bahagia juga dialam sana. I miss you mom.

Comments

aku said…
holly, jangan2 itu ya sebabnya dah sebulan di sini ga ada kangkung, hmmm...
ngeri juga kalo lagi motong2 ada lintahnya, hehehh... ya kalo kita paling ketahuan pas lagi dipotong2 ya, tapi kalo lihat masakan orang jepang misalnya, kangkungnya ga dipotong2, selonjoran gitu, ya pantes lah, ada isinya ga ketahuan hihiih...

eh itu rikues cerita joroknya dong hahah.. penasaran :)