Day Care ...positive dan negative-nya

Hari Minggu kemarin, Desi (mamanya Adek Rasheed) nelp aku , jarang sekali sih Desi nlp, selain beberapa bulan dia kemarin sibuk keliling USA nemanin mertuanya yang lagi liburan disini, juga karena kesempatan nlp biasanya cuman week end ( biar gratis dan ngobrol sepuasnya..hehehe), tapi week endpun kadang kami sudah sibuk sama keluarga masing masing.

Akhirnya cerita cerita sampai cerita tentang daycare, aku cerita ke desi kalau sejak masuk daycare perkembangan Michael banyak sekali, dari yang mulai lancar ngomong , walaupun sebelumnya sempat takut dia nggak bisa ngomong karena lack comunication yang disebabkan 2 bahasa ini.
baru sebulan di sekolahin dia langsung mulai berani ungkapin dan bicara keinginannya,malah sekarang cerewet banget.
Trus juga dia jadi bisa langsung pipis ke toilet ( WC sendiri) meski pupu (Buang air besar) masih belum bisa ..nggak tahu dia ogah banget nongkrong di WC.

Untuk Michael ,day care adalah hal yang menguntungkan, buat dia dan juga buat aku tentunya.
tapi ada juga kasus teman temanku yang malah bikin si nyokap pusing, anaknya di masukin day care jadi lebih nakal, dan lebih cepat mengenal bicara yang tidak pantas.

Kalau nakal dan tidaknya si anak, aku rasa itu watak si anak, banyak faktor yang bikin si anak nakal.
Bisa jadi dia minta perhatian , atau memang bawaannya yang nggak mau tenang, atau hal lain lah aku sendiri kurang ahli dalam hal ini wawasanku juga cuman terbatas dari bacaan aja hehehe.
Soal bicara kata kotor atau kasar macam "F" word atau "S"word .. aku rasa semua anak nantinya pasti mengenal, entah itu anak yang masuk daycare atau anak yang tidak masuk daycare, dari pergaulan mereka akan tahu hal itu, nah.. solusinya kembali ke kita orang tua, apakah kita bisa memberitahu mereka kalau itu kalimat nggak pantas di ucapkan buat anak kecil ( aku rasa nggak buat anak kecil aja orang dewasa ngucapin kata itupun kayaknya jelek banget, keliatan banget mereka kurang didikan..)

Dan menurutku soal daycare ini, semua kembali ke pribadi orangtuanya masing masing, perlu nggaknya sianak masuk daycare ya juga tergantung kita.

Kalau aku pribadi si perlu, habis aku kurang telaten nyuruh Michael ke WC atau pun makan sendiri..kalau disana ..ada guru yang ingetin kapan dia harus ke WC kapan dia harus makan sendiri.. kapan dia harus tidur ( ya membantuku banget deh menurutku),
Dan juga kita harus perhatikan banget bagaimana sih kegiatan daycare itu, nggak semua daycare itu bagus.

Aku sebelum masukin Michael ke daycarenya yang sekarang, banyak sekali aku keluar masuk pintu daycare satu dan yang lain.. dari sana aku bisa ambil kesimpulan mana daycare yang Ok mana yang nggak.
malah awalnya day care yang michael ini aku pikir nggak OK, habis matahari nggak masuk keruang daycarenya..ternyata pas aku datang saat itu kan musim dingin, tapi begitu Michael disana, michael malah sehat dan senang.

Lain halnya dengan day care tempat aku titipin Ryan dulu ( beda day care soalnya daycare michael sudah penuh dan harus masuk waiting list ..saking banyak peminat).
Aku pikir awalnya daycare Ryan bagus banget, nggak tahunya anakku sakit sakitan terus disana..kenapa? gurunya nggak perduli biarpun anak titipannya pilek dan sampai isep itu ingus lagi.apalagi anak kecil kan asal main peluk-cium aja, yang ada ya ketularan deh Ryan sama tuh anak.
Kalau di tempat Michael lain, anaknya batuk-pilek dikit malah disuruh jemput soalnya takut nularin anak anak lain..memang sih tempat Michael ini bukan sekedar tempat penitipan anak ,tapi lebih focus ke Tempat bermain anak..biar mereka bisa bersosialisasi dengan sesamanya..makanya itu bedanya antara, penitipan anak atau tempat bermain anak.

Jadi kembali ke daycare, ya semua tergantung kita juga lah, kalau kita rasa kita sanggup ngurus anak kita sendiri dirumah, ngapain juga buang buang duit bayarin orang.
Tapi kalau kita ingin kerja diluar, atau ingin anak kita bermain dengan teman temannya.. ya coba parttime class dulu yang seminggu 2 kali atau 3 kali, kalau anak kita senang bermain disana.. apa salahnya kan.. dengan catatan..kalau duit bukanlah masalah buat kita ( nggak usah maksakan diri masukin anak ke daycare hanya karena ingin ikutin trent).

Soal anak jadi nakal, atau gampang ngucapin kata kata kotor, nah itu tugas kita sebagai orang tua, bisa nggak kita ajarin dia kalau itu tidak benar.. Daycare bukan lah pengganti tugas kita dalam mendidik anak, mereka cuman membantu kita buat ngurus anak kita.. mendidik anak kita tetap tugas no 1 kita sebagai orang tua.

Sebagai contoh, Michael's school aja nggak mau tuh kasih time out ( seperti di nanny show..mereka cuman kasih nasehat kalau itu anak ketauan nakal ).. soal hukum menghukum..itu tugas orang tua ..gitu mungkin menurut mereka. Dan kalau dengan bicara aja nggak mempan.. nah mereka akan panggil orangtua muridnya buat konsultasi cari solusinya buat anak. atau bagimana lah caranya orang tuanya kasih tahu si anak kalau kelakuan mereka tidak bagus disekolah.

Oh ya..bagusnya lagi disekolah Michael ini, tiap hari setiap jemput dia , aku selalu ngobrol dan tanya perkembangan Michael.. atau kalau nggak selalu ada report perkembangan dan kegiatan yang dia lakukan seharian.( berbeda banget dengan tempat temanku nitipin anaknya, atau tempat penitipan Ryan dulu).Makanya aku selalu menyempatkan diri buat jemput sendiri Michael ke sekolahnya, biar aku tahu dan bisa ngobrol langsung sama gurunya, apa yang harus aku lakukan di rumah biar apa yang gurunya terapkan disekolah yang baik bisa juga aku terapkan dirumah untuk dia.
Kecuali kalau daddynya yang jemput, biasanya aku cuman baca dari laporannya aja.. habis si daddy paling malas tanya tanya sih.

Oh ya pertimbangan lainnya milih daycare.. lihat perbandingan / ratio antara murid dan gurunya.. makin banyak murid makin kurang perhatian guru.. kalau di sekolahan Michael sih 1:4 , satu guru untuk 4 murid, atau paling nggak ada assisten gurunya , memang kebetulan sekolah Michael ini dibawah naungan Colege yang ada jurusan early education-nya. jadi banyak yang praktek kerja juga, jadi tiap guru kadang pasti ada assistennya, meski tetap assisten tugasnya cuman bantu guru utama.
Kayak waktu Michael nakal dulu ( awal awal masuk sekolah michael tukang gigitin teman dan mukul karena dia nggak bisa ngomong untuk bilang jangan dan aku ingin main ini).. yang ada Michael diberi 1 guru khusus yang buat awasin kelakuan dia kalau dia terlalu nakal, lambat laun Michael bisa bersosialisai.. ya guru khusus itupun sudah nggak ada, bahkan Michael malah jadi murid kesayangan gurunya, karena dia bisa membaca lebih awal dibanding teman temannya yang lain, dan cepat mengerti dan paham apa yang gurunya mau.

Jadi perlunya Daycare atau taman bermain.. menurutku ,itu semua kembali ke kita orangtua deh.. kita yang bisa tahu baik buruknya buat anak kita.

Michael mau masuk sekolah lagi nih.. mulai tahun baru..kebetulan aku juga mungkin harus repot ngurus 2 adiknya nanti, ya sudah Michael mulai sekolah lagi dengan pertimbangan, sekolahnya bakal penuh ( ngantri waiting list ) kalau aku harus masukin dia pas tahun ajaran baru..( agustus) jadi aku mau booking tempat lah istilahnya buat Michael agar masuk Pre-Knya nanti tetap disekolah yang sama.
Kalau Ryan mungkin ntar kalau keuanganku sudah mencukupi, aku akan masukin disekolahan Michael juga.
Tapi kalau Michael nggak bisa masuk pre-K disana ( karena harus di draw( di undi) karena peminatnya yang banyak ) , Michael mau nggak mau aku harus masukin kesekolah lain.. yang jelas mutunya tetap akan harus utamakan, sudah ada 2 tempat lain, cuman aku tetap harus cari kemungkinan lain, sekolah bagus tentunya selalu penuh peminat.

Oh iya.. Youtube.com buat aku Ok banget deh.. Michael sudah hafal itu website ( dia ngetik sendiri http://www.youtube.com/ ) trus dia cari tuh pake search enginenya yang dia mau, tapi tetap aku awasin meski buat anak anak kadang aja orang bego yang nyelipin kalimat yang nggak pantas buat anak kecil di video yang kita pikir bagus buat anak kecil.
Untungnya selama ini Michael mau dikasih tahu.
Dia belajar Sign American languange ( buat orang buta -tuli ) dari sana.. sudah hafal A-Z, kadang dia tanya, mama how make P ( susah memang jari jadi keriting hehehe), daddynya sendiri nggak hafal habis memang dia jarang ikutin Michael belajar itu.
Michael juga belajar bahasa Kanji (japan) .. dia ulang ulang ..dan ditiru di Notepad..
Terakhir dia belajar bahasa Arab... alif bata...
Juga bahasa spanish.... ntar apa lagi yang dia akan hafalkan ya? siap siap aja aku ikutin soalnya dia suka nanya, kalau aku nggak tahu ..kasihan dong ..keinginan tahunya jadi tertunda. jadi mau nggak mau aku juga ikutan belajar dari semua itu.
Aku nggak pernah menyuruhnya, semua kemauan dia..selama aku pikir dia senang dan baik buat dia ,aku biarin dia main.

Ryan sih cuman liat doang , meski kadang kadang kalau lagi isengnya timbul ya dia ganggu abangnya,., yang ada berantem..
Ryan juga belajar bahasa Sign, cuman cara bikin hurufnya Ryan.. make semua jarinya, jadi yang ada cuman bisa buat huruf O,I,L,W,H,A,U.
Ryan sudah hafal semua huruf malah ngigau aja ngeja ABC...Z
Aku sendiri cuman sesekali liatin sambil berbaring aja.. ( maklum ibu hamil capek duduk lama lama ..hehehe.(nawarin makan, minum agar mereka betah bermain)

Comments

Anonymous said…
Ya disini juga daycare yg bagus nunggunya lama banget kadang anaknya belum lahir (masih dalam perut udah di daftarin ) walah...segitunya deh...

Kalo Akbar ngga dimasukin daycare krn dianya yg sulit bgt pisah sm aku pernah 3 bln nangis terus akhirnya aku ambil, bapaknya seh ngga tega jd setengah hati. Akhirnya aku ngalah, aku jagain dia, soal pendidikan ya sebisanya aku ajarin dia biar ngga ketinggalan (setidaknya sm dg anak2 daycare), jd aku ambil sekolah yg seminggu dua kali aja.

Mike seumuran kan sm Akbar, iya akbar juga seneng bgt ngeklik youtube, disitu banyak pelajaran gratis yg bs didapat buat anak-anak (tetep aku awasin ) krn kl enggak banyak video2 yg muncul suka diklik jg ma dia. Aku bersyukur deh adanya youtube fasilitas gratis tapi menarik banget hihi....
Anonymous said…
iya Hol, daycare or school gak semuanya bagus. kudu pilih2. guru juga gak semuanya sama. ada yang sabar ada yang nggak. tapi emang lho, sekolah tuh ngebantu banget untuk sosialisasi n bicara ya...

take care ya bu hamil :)
Hallo mbak Holly..wah anak-anak sudah pada pinter ya mbak:) Udah besar dan ganteng ganteng:)

Iya tuh Zubia memang gitu, tapi alhamdulillah masih terkontrol:))

Sun sayang buat anak anak ya mbak..
ubikan said…
Wihh bagus yahh Hol kalo ada DC yang nyuruh anak2 yang lagi sakit pulang, emang bener soalnya kalo anak laen ketularan kasian.. ortu juga yang repot.

Michael pinter yah blajar sendiri bahasa asing dari utube.

Slamat yahh Hol, dikaw bakal punya anak cewek, kesampean juga yahh, seneng deh dengernya... jadinya ada 2 cewek cantik di rumah :?)
aku said…
tfs holly, tentang dycare, emang ujung2nya ya bergntung ke kita orng tua ya, namanya pendidikan kan tanggung jawab kita

eh, jadi, deffinitly gurl ya, ikut senang deh:)

oh ya, bagi link you ube yang bagus buat anak2 dong.
tau ga, si kaka tuh baru 2 minggu ini diam menonton youtube, sebelonnya ya lebih tertarik gepruk2 keyboardnya, heheh..
ini juga kalo tontonannya menrik kalo ga ya mulai, cungkil2 keysnya, nih udah 6 yang copot :(

kira2 4 minggu lagi ya holl, semoga lancar ya, keep strong :)
Desy S. Satria said…
akhirnya aku cari2 sekolah mbak.. mudah2an dapet deh... doain ya... biar rasheed pinter kayak abang michael...
Greiche Gege said…
senengnya denger michael pinter.. biar mama papa bangga yah.. bentar lagi liat miracle-nya ryan yah mbak..
bibipbondry said…
holly pa kabar? met idul adha ya...
seneng baca si mic makin jago ajah..
gmn ryan dan si princess??

daycare ya..caca jg alhamdulilah dpt bagus mskp jadwal kegiatannya ketat bener, tp utk caca yg ga bs diem cocok d ^o^.
Anonymous said…
Holly ....
udah belum buw ?????? udaaaahhh ???? maksudnya brojolnya loooh ????? gue ud deg degaaaannn bgt ....
saling ngabarin ya hol ....saling ngedoain .... pliiissss
Anonymous said…
udah masuk harinya Hol???
masih januari kan??
moga2 lancar dan sehat baby sm ibunya ya...bismillah...^o^
Anonymous said…
maaf2 itu doa gw Hol...^o^gak log in pake ID biasanya. error nih
febri/bibip