Atlanta Miracle ..and Our Family Miracle (bagian 2)

Saat Menegangkan, dan Kenangan terindah dan juga menakutkan
Ya, cerita selanjutnya memang begitulah kesannya, kenapa aku ceritanya dibagi berapa bagian soalnya kejadiannya juga begitu, selain itu aku nggak bisa lama lama duduk dulu nih.




Oh ya sebelum water broke itu aku lupa cerita aku dimasukin obat untuk bikin soft pelvisnya(nggak usah ditulis detail ya , suka ada yang baca ,dan mikirnya ngeres) jadi mudah dilate..tapi nggak berhasil juga ternyata, dan akhirnya diputuskan buat mecahin ketuban yang nyatanya malah pecah sendiri.



Ok lanjut cerita, Aku sudah mulai ngerasain sakit, kejadiannya cepat banget dari pecah ketuban sama sakit itu.. dokter epidural belum datang juga, meski dibilang dia akan datang segera , on the way.. or in a minute ( nyatanya lebih 30 menit..atau perasaanku aja kali ya)



Pokoknya sakit banget deh, trus dokternya datang ,aku merasa senang sedikit meski kosntraksi sudah jarak 3 menit sekali...dan sakitnya jangan ditanya..

Trus aku nggak disuruh duduk seperti biasa kalau pasang epidural, dokternya bilang berbaring miring aja bisa kok. ya sudah..bagus lah habis aku sudah kesakitan banget.

Akhirnya obatnya masuk.. harusnya dengan hitungan detik aku sudah bisa nafas lega dan tersenyum..berdasarkan pengalaman yang sudah sudah..begitu sih.. obat masuk.. konstraksi berikutnya nggak terasa..dan ini..masih sakit..dan makin sakit..

The epidural doesn't work..teriakku ke suster, dan aku mulai kesakitan genggam tangan tom. mbak Esther mulai sudah pergi bawa Ryan keluar sejak aku mulai kesakitan ( lupa deh yang jelas aku cuman ingat remas tangan Tom saat konstraksi terjadi.. dan susternya bilang.. wait in 5 minute..wah 5 minute? konstraksinya aja sudah 2 menit sekali dan sakit banget, aku sudah mulai teriak..it's doesn't work.. sambil nangis dan nyebut nama Allah, berulangkali, sempat manggil mama ( jadi tambah sedih deh soalnya ingat kalau ada mama pasti mama sedikit menyemangatiku dan bisa ngerti gimana sakitnya saat itu),sempat minta ampun pelan...pelan biar aku sedikit tenang dan bisa bernafas dan tahan rasa sakit yang luar biasa.

5 more minute..begitu lagi susternya bilang setiap aku teriak kesakitan, sampai aku ngomel..how many more 5 minute?.. I told you..it's doesn't work..

Tom juga bilang sabar..bentar lagi hilang kok, dia juga bingung sih, habis tangannya aku remas keras setiap aku kesakitan.ada suster periksa pelvisku dan bilang..kayaknya namanya jadi harus emily DIVA nih, apaan Diva? ya itu Diva..kayak penyanyi Diva..bintangnya show..aku nggak ngerti deh maksud dia, nggak tahunya karena si baby mau jadi drama queen..gitu maksudnya..dia lahir bakal, bikin dramanya sendiri..begitu maksud si suster..

Akhirnya suster lain periksa pelvisku lagi mastiin lagi..dan dia tanya kemarin terakhir ultrasound kandungan umur berapa? aku bilang 32 minggu, trus dia bilang.. it's breech position..wah.. kok bisa? dan dokter nggak tahu ya?..kesal juga jadinya sama dokterku yang usg waktu itu, habis dia nggak bisa lihat kalau posisinya breech gitu, dokter yang bantu aku lahirkan kali ini sih mungkin cuman baca laporan dari dokter itu ( dokterku ada 3 dalam team ini, dan salah satu yang siap aja yang nemanin aku lahiran).


Trus nursenya bilang, C-section ya....apa?!! aku pikir salah dengar.. C-section..OR ( operation room ) now!.. soalnya sudah breech position, trus amoniac fluid juga sudah tipis, dan sudah ada meconium takut masuk ke lung si baby,jadi tindakan harus cepat banget.

Aku langsung disuruh tanda tangan persetujuan,soalnya aku nggak punya will life jadi keputusannya tetap aku yang harus tandatangan saat itu, lagian aku masih sadar kok.

Dokternya datang..dan dia bilang..wow..we have a trouble maker..katanya masih cengar cengir, aku yang sudah kesakitan nggak bisa nanggapi candaan dia, dan bilang ..Please ..help me..hurry!!!,

Saat itu antara kesakitan dan kesadaran sudah nggak ada batasnya, aku cuman lihat samar samar Tom disuruh make baju operasi yang warna biru, trus aku di pindahin keruang operasi tanganku yang genggam tom jadi terlepas dan nggak tahu mau genggam apa lagi saat kesakitan.

Sambil teriak kesakitan dan nangis ,aku nggak sadar lagi deh seberapa keras erangan kesakitanku. aku disuruh jangan ngepush.. tapi sakit banget aku nggak push pun si baby dorong mulu kebawah mau keluar nih.

Sampai diruang operasi aku dipindahin kemeja operasi..sambil mejamkan mata ditanya, sakit nggak..tanganku dicubit pake gunting operasi..dan pisau mungkin..aku bilang ya sakit..terasa..sampai beberapa kali aku bilang masih terasa, padahal epidural sudah dosis tinggi, akhirnya aku disuruh hirup gas..pertama tama bikin aku nggak bisa bernafas, aku bilang..I can't breath..trus disuruh pelan pelan.. akhirnya aku tertidur, perasaan sekejap deh..nggak lama aku sayup sayup dengar.. Holly..wake up!!..wake up..!! , aku buka mataku, dan cium bau shampoo baby..dan dengar baby nangis..

That's your baby..kata nurse itu, trus dia bilang dia suka sama kaos kakiku yang ada lambang breast cancer-nya..aku cuman bilang thanks..trus aku bilang.. can I sleep? soalnya ngantuk banget.. trus dia bilang ya boleh..

Tapi aku pengen lihat babyku nih.. trus aku lihat Tom ada dekat meja baby yang sudah selesai dimandiin, aku tanya..Babynya rambutnya apa? wuah hehehe.. itu pertanyaanku, soalnya aku pengen si baby rambutnya lurus kayak abang abangnya, soalnya kalau keriting kayak aku susah ..kesalon mulu buat ngelurusin hehehe...Lurus, ada ikal juga ...kayak rambut Ryan ..kata Tom.

Rambutnya banyak..celetuk nurse lagi..,trus aku baru tanya..perempuankan? mastiin..yes baby girl..! she is so cute..katanya..

Lengkap tom?..tanyaku lagi ..lengkap kata Tom..dan habis itu aku bilang aku pengen tidur lagi.

Nggak lama dokter datang ngucapin selamat buat aku, dan aku bilang thanks.. and can I hug you dokter?..nggak tahu pengen aja Hug dia soalnya aku nyesal teriak teriak sama dia. Trus dia bilang... of course...

Habis itu aku baru sadar, oh aku juga belum hug suamiku..hehehe..aku baru minta dia hug aku, dan aku trus tidur lagi .. masih pengaruh obat bius.

Nggak lama aku terbangun aku nggak bisa nafas,persis kayak sapi habis dipotong, I can't breath..teriakku.. mereka heboh..dan suruh aku bernafas pelan pelan , dari situ aku baru ngerti kalau aku operasi bius total dan dimasukin selang ketenggorokanku, belakangan setelah ngobrol sama Irin( adikku yang Dokter di Indo), kemungkinan mereka masukin selang lewat hidung ketenggorokan, soalnya hidungku sampai sekarang masih berdarah (ingus campur darah).

Dan selama diruangan recovery itu aku dengar orang sebelah tempatku(ada beberapa yang c-section) juga nggak bisa bernafas, dan dia lebih lama lagi grok groknya,kayak orang mau regang nyawa deh kedengarannya, pantas tadi aku begitu mereka juga rada khawatir.

Documentasinya nggak banyak, soalnya si daddy ternyata nggak jadi disuruh masuk ruang operasi tuh, nggak tahu deh apa karena banyaknya yang c-section saat itu atau karena aku yang dibius total jadi si daddy nggak diizinkan masuk, si daddy cuman bisa kasih tustel ke nurse yang ada dan emily di photo 2 kali aja sebagai photo pertamanya diruang operasi itu.
Nggak berapa lama kemudian aku dipindahin kekamar perawatan di lantai 6.

Alhamdulillah, akhirnya tahap menegangkan berlalu, tinggal tahap sakit penyembuhan nih, soalnya aku nggak bayangin gimana sih sakitnya c-section, selang infus masih ada, dan epidural masih ada, kalau aku merasa sakit aku push button epidural aku bisa kasih sendiri seberapa aku mau sampai sakitnya hilang.( pasti ada dosesnya dan sudah diset ).


Photo Salju depan rumah, dan Michael dan Ryan jalan jalan bermain salju



Ternyata ramalan cuaca hari itu..Snow akan setebal 3-5 " di atlanta, setelah 3 tahun lebih nggak ada snow.. Miracle.. benar benar serasa Atlanta nyambut Emily nih.. hehehe, acara di TV khusus liputi snow hari itu, semua orang bergembira main snow bikin snow man, maklum sudah 3 tahun baru ada lagi kali ini yang setebal itu.



Ya..Emily Rose Fateema Michelle ..Lahir dengan selamat dengan teriakannya yang keras..kata seorang nurse nanti dia bisa jadi penyanyi solo.


Putri kami yang memang bikin heboh, karena sama sekali diluar perkiraan dokter. yang katanya muter sendiri pada saat saat minggu terakhir.
The trouble Maker..gitu dokter Bill bilang waktu jenguk aku keesokan harinya. trouble maker buat Dokter sih tapi buat kami..dia adalah our Miracle

Tadinya si daddy mau mau manggil Michelle sebagai nama panggilannya, tapi wajahnya lebih pantas dipanggil Emily, ya terserah deh ntar yang jelas bisa Emily atau Michelle sama sama bagusnya kan?

Sekarang aku bisa cerita, gimana sakitnya melahirkan cara normal, epidural dan c-section, soalnya aku ngalami semuanya..


Photo.. Emily dan topi hasil rajutan bikinan mama, masih kebesaran.



Tapi penyembuhan kayaknya sedikit lebih enak c-section..apalagi kalau jahitannya nggak bikin sakit sama sekali




Oh ya bukan jahitan ding, tapi si staples nih..kayak staples kertas, tapi 3 hari sudah dicabut dan saat dicabut sakitnya sedikit sekali,lebih sakit dicubit malah, cuman kalau perut kita goncang goncang jahitan yang bagian dalam bikin sakit banget.

Kalau normal kan, sakit bisa seminggu lebih susah kebelakang dan pipis..kalau c-section sih santai aja deh.

Ya segitu dulu deh ceritanya..sekarang aku mau kasih Emily Asi dulu, aku coba lebih banyak kasih ASI..tapi tetap tambahan formula, karena ASIku belum banyak, dan Emily sempat joundice karena kurang minum.
Buat Tante Esther, makasih ya sudah nemanin mama dan rajin jenguk mama, semoga Allah membalas kebaikan Tante dan Om Hazmin terhadap kami dengan kebahagian yang berlimpah dikemudian hari, Amin.




Photo Tante Esther dan Emily hari ke 2

Comments

Anonymous said…
weh ternyata si ibu beneran have "fun" dan di ruang surgery pula :)anyhow...ceritanya seruuu !, mau menyambut kedatangan si bungsu gak sembarangan ternyata harus ada dramanya juga...:) tahu aja kalo kedatangannya so special jadi harus bikin pesta penyambutannya yang meriah, he..he..he...
ok dech abis ini dah boleh tutup warung bu..ha..ha..ha..dah lengkap khan semua, pengalaman normal mpe c-section dah dijalanin so cvnya sebagai ibu yang melahirkan dah bisa dibilang lulus cumlaude nih..:D wokeh dech enjoy your day with your little emily :)


ps:
bikin ade buat binbin...hm..selalu terbuka oprion itu tapi sepertinya urusan itu gak selalu gampang mengingat riwayat "nyari" bin2 juga susehh....yah mohon doanya aja dech bu siapa tahu one of this day tibi2 dah muncul sendiri seperti kasusnya dengan bin2 :)
Melly said…
Holly and Family
Selamet yah atas kelahiran Emily Michelle.
Buat Michael dan Ryan: Be a good Brother yah....

Hol,Emily Berat dan Tinggi Badannya berapa?Gemes deh liatnya....

Baca cerita kelahiran Emily, jadi inget waktu lahiran Alexis dulu, Aku juga 1 malem sebelomnya dikasih obat di cervixnya biar soft, obatnya kayak tali gitu. Dan yang bikin kesal dokternya kaga pecahin ketubanku, akhirnya aku di labor lebih dari 24 Jam. Sakitnya aja udah minta ampun, ngeden ampe lama kaga keluar keluar. Sampe aku minta c section aja, eh dokternya kaga kasih. Pokoknya aku udah lemes banget. Akhirnya Alexis keluar divacuum.
Anonymous said…
Wahh..bacanya seerrruuuu sekaligus tegang ya...walopun udah merasakan tapi tetep lho pengalaman orang melahirkan tuh beda-beda tapi ya intinya sama sakittt huaahh...Ya ngga papa cecar ya...udah tiga ini jd lengkap dong...istirahat ya mba...hihi...

Sekali lagi selamat ya...atas kelahiran Baby Girlnya ( yg ditunggu2 ) semoga membawa berkah buat semuanya....mmuuaahh...jd anak sholehah yaa...amiinn...
Anonymous said…
jadi ikut tegang nih bacanya...terutama bagian i can't breath itu loh. akhirnya sesar yah, mba..kupikir normal spt sebelumnya.

gemes deh liat foto emily yg putih bersih rambut item byk, jadi pengen banget punya baby lagi hahah
Greiche Gege said…
waduuh mbak, sport jantung bacanya.. bingung pertamanya kukira normal ga taunya caesar.. btw itu jahitan distaples? kok gak bisa ngebayanginnya yah huhuhu.. btw seneng dong ya michael n ryan punya adek cewek..pasti ntar pada melindungi emily ya? selamat yah mbak, semoga emily dan juga abang2nya jadi anak kebanggan keluarga. Mama mbak Holly juga pasti ikutan hepi ngeliat dari 'sana'
Anonymous said…
holly duh rasanya, dari yg rencana normal udah pecah ketuban udah ngrasain sakit dibawah harus cesar subahanalloh...dirimu masih bs tertawa menulisnya ^o^....
smoga emily bener2 jd pelegkap kebagahagiaan keluarga ya...

speechless mom *i proud of u*
cepet sehat lg ya say ^o^
Haduh... mbak aku baca postingan ini sambil meringis meringis ngebayangin sakitnya.

Wah asyik ya kelahiran Emily diiringi dgn turunnya salju.

Bentar lagi Emily dah setahun, gak kerasa ya...