Thanks to the people who post videos in Youtube

Michael tuh paling senang lihat video video tentang huruf di youtube, dari yang ABC biasa sampai ABC sign langguage.
Sampai sekarang dia masih suka belajar bahasa spanish ( Ryan juga mulai bisa karenanya), dan yang terbaru dia belajar bahasa Japan dari youtube.

Kemarin dia nyebutin kondisi weather dalam bahasa japan trus di translate sama dia ke inggris.

dia sebut ....ame, yuki, ...dan seterusnya aku lupa, trus dia bilang, rain, snow..

awalnya aku nggak paham dia ngomongin apa, trus karena dia bilang ..weather mama..trus aku ingat Yuki tuh artinya snow dalam bahasa jepang , baru deh aku paham kalau dia lagi nyebutin macam macam keadaan cuaca dalam bahasa jepang.


Trus aku coba ngetest dia, aku bilang what is snow in japanese? dia bilang Yuki, trus aku bilang Rain..dia bilang Ame.. trus spring? dia bilang izumi.. hihihi nggak tahu dia nama tengahnya mamanya pun bahasa jepang yang artinya Spring tapi bukan izumi loh!.


Si daddy aja nggak ngerti kalau Michael lagi nyebutin wheather dalam bahasa jepang, soalnya bahasa yang asing banget kali bagi si daddy, cuman kalau bahasa spanish..boleh deh mama yang bengong karena nggak ngerti sementara untuk si daddy itu gampang banget, cuman si daddy aja yang malas ngajarin anaknya, makanya anaknya terpaksa cari di youtube buat belajar.


Ya kita lihat aja ntar dia belajar apa lagi, yang jelas Thanks a lot for the people who post a good video at Youtube.


Oh ya, Michael juga belajar bahasa korea, dan Italy..


Emily sudah sembuh , dan sekarang dia sudah mulai tidur tengkurap, angkat kepalanya juga sudah mulai kuat, mutar badan juga sudah bisa ( kadang kadang bisa tengkurap nggak bisa balik lagi ).

Ryan tambah iseng, dan acting minta perhatiannya juga mulai tambah tambah deh, macam macam aja act dia yang kadang bikin aku kesal.

Oh ya, Ryan takut sama bunyi alarm emergency dirumah, rumahku tuh ada alarm yang akan bunyi kalau tiba tiba si Ryan buka pintu yang bukan pintu utama. atau dia buka jendela pada saat alarm on.
Atau kalau kadang aku masak dan banyak asapnya juga akan bunyi nyaring sekali sampai aku matiin central control alarmnya.
Tapi memang suaranya menakutkan sih bagi anak kecil saking nyaringnya. Yang lucu tadi sore, dia mainnin lampu oven kompor didapur, aku larang nggak mau tetap mainin, ya sudah aku iseng niruin suara alarm pake mulutku, dia lari ketakutan sangkanya benar benar suara alarm.. ah ha.. aku punya senjata deh kalau dia nakal dan nggak mau dilarang setelah dikasih tahu berkali kali kayaknya aku harus selalu bunyiin nada alarmnya nih, buat warning dia hehehe.

Comments

bibipbondry said…
Holly adoh selalu telat :(
Emily syukurlah udah kembali sehat... moga2 ga jatuh lagi ya, persis kek caca dulu sampe berkali2 jatoh..kalo hime kan tempat tidur org jepun dibawah jd aman.
susahnya hidup jauh dari sodara ya Hol, aku jg kemana2 bawa pasukan^o^

ah pinternya si ryan ma mic belajar bnyk bahasa bgitu, pasti turunan dari orangtuanya talent di bahasa. beda banget ma papanya caca, kl disuruh bljr bahasa slalu bilang ga bakat hehe...
Hazmin Family said…
Holly, hebat Michael bisa belajar sendiri dr Youtube. Kok bisa ya dia search sendiri belajar bahasa ? dulu belajar bahasa Spanyol, skrg Jepang ..

syukur dech Emily udah sembuh, posisi tidurnya jadi lebih enak.

ha ha ha ada2 aja dech tingkahnya Ryan ... makan dilarang, makin dilakuin ... untung skrg ada senjata pamungkas he he he ....
D-eby said…
weh kalo gitu sekalian juga suruh si mike belajar bahasa belanda abis itu jadi translatornya kita..ha..ha..,
Gw disuruh ama oma gw buat belajar bahasa belanda tapi ogah deh sangking dah comfy ama si english.

Good for Emily...alhamdulillah dah baikan ;) *hug*

Kalo senjata pamungkasnya ryan bunyi alarm..maka si bintang kalo badung gw tinggal keluarin vacuum cleaner..ha..ha..dijamin langsung panik dan nurut..(hi..hi..gantian emaknya yang kesenengan ngeliat wajah panik anaknya..ha.ha..)
aku said…
Syukur Emily sudah pulih holly.. bahkan sudah aktif lagi ya. Jangan terulang lagi deh yaa... kalo jatuh lagi ya jangans ampe sakit gitu ya, habis anak2 itu katanya emang sering jatuh.

Holly, kayaknya michael emang pandai penguasaan bahasanya ya, jadi mudah sekali untuk menghapal bahasa hanya dengan nonton youtube. Kalo gak salah Holly juga ya, berarti nurun dari mamanya nih ya :)

Ryan lucu banget ketahuan apa yang ditakutinnya, bisa dipakai senjata kalo bener2 kepepet ngadepin ryan ya. Kalo Kaka nih, kan lagi doyan2nya sama Thomas. Jadi kalo dia susah mandi atau makan, ya... ditakut2in dikit thomasnya mo diberesin, langsung deh dia mau mandi walopun sambil cenberut, heheh...
yenni 'yendoel' said…
oh jadi nama tengahnya tuh dari bahasa jepang toh?!
hebat yah anak2.
aku belum ngajarin bhs indo ke anak2 nih. bingung harus mulai darimana, habis orang rumah semua ngomong mandarin.
pernah ngajarin ngomong yg simple2, macam pipis, bobok dstnya. tapi lucu banget cara ngucapnya si Crystal, aku mesti nahan2 supaya gak ketawa.