Sifat, Kebiasaan ( habit ), bawaan lahir

Aku pengen nulis perbedaanya.. menurutku loh ini..
kalau Sifat tuh, biasanya timbul karena bawaan lahir + kebiasaan + lingkungan kita berkembang.
Jadi kalau orang yang punya sifat bagus atau jelek..itu ya tergantung memang dari mana dia berasal, maksudnya bagaimana asal usul keluarga dan lingkungannya.
apa yang telah orangtuanya didik, atau orang tuanya nggak pernah ngedidik ( yang jelek biasanya, nggak mungkin kan orang tua ngedidik yang jelek)
makanya nggak bisa disalahin kalau orang orang jawa suka mempertimbangkan Bobot, bibit, dan bebet.

Kalau aku pribadi sih cuman setuju sama bibit dan bebet aja kali ya, soalnya kalau bobot tuh kalau nggak salah soal kekayaannya.

Apa bedanya sifat dan kebiasaan
nah kebiasaan tahu dong, kebiasaannya jelek bisa dirubah dan diatur maunya gimana sesuai niatnya, tapi kalau sifat kadang agak susah rubahnya, karena ada factor bawaan lahirnya.

Bawaan lahirnya biasanya itu ya sudah dari sononya nggak bisa dirubah...bisa dirubah kalau sekarang ini buat pysic kali ya, operasi plastik..

jadi kasus jelasnya gini nih.
Kalau kayak aku.. orangnya sensitif banget.. itu bisa bawaan lahir kali ya, soalnya adik adikku nggak sensitif kok, nggak gampang nangis.

Sifat gampang tersinggung ..kalau ini kayaknya sifat... dan aku berusaha merubahnya, karena bawaan lahir yang sensitif jadi sifat gampang tersinggungnya lebih menonjol, bawaanya jadi suka bad mood.

Kebiasaannya, suka menganalisa sendiri.. kenapa orang itu begini keaku, kenapa dia begitu keaku.. ya kebiasaan karena berdasarkan pengalaman yang aku alami selama hidup..

ah ini aku posting iseng kok.. jangan dimasukin dihati ya? tuh kan.. aku udah ngerasa bakal nyingung orang lain aja padahal aku nggak ada maksud nyindir siapapun kok.. ahhh gimana yang hilangin perasaanku ini.. ya nggak bisa ..bawaan lahir kok.. hehehe paham kan?

Comments

aku said…
eh, kok sama saya suka mikir, jangan2 orang tersnggung sama kata2/perilaku saya.
sebaliknya saya suka sensi juga, mudah tersinggung. kayaknya sepasang deh, pikiran takut menyinggung oerasaan orang lain dengan mudah tersinggung :)