Semi-Homemade by Holly


Kalau di TV ada acara Sara lee semi-Homemade yang menggunakan bahan bahan yang sudah jadi , dan tinggal cemplung cemplung aja , intinya cuman harus pintar ngolahnya biar jadi macam macam makanan.

Aku juga gitu deh, aku punya semi-homemade sendiri. Dasarnya aku memang malas ngulek ngulek atau berlama lama di dapur. Meskipun ulekan, atau blender ada kok di dapur.

Ya aku pake bumbu jadi, dan biasanya aku pakai yang merek munik, merek munik menurut aku cocok untuk makanan yang khas sumatra , untuk lidahku yang terbiasa makan masakan padang, bumbu munik cocok sekali.
Tapi kalau untuk masakan jawa, aku lebih suka pake merk Bamboo atau merek lain, bumbu munik kurang cocok untuk masakan jawa menurutku, mungkin yang bikin resepnya orang sumatra nih :)

Sebagai salah satu contohnya, masakan gulai rebung tahu ini.Ide dasarnya adalah dari Gulai rebung kambing, masakan khas orang padang, setiap pesta kawin atau pesta besar gulai rebung kambing selalu ada.

Gulai rebung kambing ini, seharusnya pake bumbu gulai kambing, tapi saat itu aku nggak punya, jadi aku coba pake bumbu sate padang, yang dasar bahannya semua sama.

Semua bahan yang untuk gulai kambing tuh di pasti sangrai dulu, begitu juga bumbu sate padang. Jadi sama lah ya dasar bumbunya.



Rebung yang juga makanan agak berbau kurang enak,kalau tidak bisa mengolahnya, untuk itu kita gunakan bumbu daging kambing ini, yang agak biar hilang bau nggak enaknya.

Jenis makanan lain yang suka aku bikin variasi sendiri, bumbu pepes ikan, aku bikin jadi gulai teri + kentang, bumbu pepesnya aku tambahin santan.

Ya semuanya jangan lupa ditambahin , daun jeruk, serai, dan daun kunyit biar lebih enak lagi ( kalau ada )

Kita memang harus pintar pintar deh ngolah makanan, biar nggak bosan makan itu itu aja, atau kita juga harus punya akal biar anak anak suka makannya , mengenalkan masakan dengan makanan yang dia suka.

Kayak malam ini, aku masak Udang goreng tepung, udang tuh makanan kesukaan Ryan, sementara Michael nggak suka, dia lebih suka makan tahu atau carrot, Ya udah aku campur aja potongan carrot dalam adonan, si Ryan juga nggak nyangka kalau ada carrot, dan dia yang tadinya nggak suka jadi suka, Michael tetap sih nggak suka sama udangnya, jadi dia aku gorengin lagi carrot di tepungin, habis bingung mau buat apa yang dia suka.

Comments

D-eby said…
emang harus pinter2 ngolah makanan...btw disini gak ada munikkkkk...mo bikin sate padang jadi gak bisa deh..(mo ulek2 malas bowww)

thanks tips rebungnya....
Anonymous said…
Eeehm kayaknya enak tuch...
Boleh dicontek ya mom resepnya,
Eh disini klo beli rebung di mana mom?
Vivie said…
seep..seep..sambil acungin jempol 2 mom.....idenya bisa di contek tuh....Makasih yach buat ucapan ultahnya to Patrick.....sun buat jagoanmu berdua and si cantek Emily....muachh
Anonymous said…
Mau mau...Thanks ya..
kirim fotonya gmn? email? atau yg di link ini
http://i412.photobucket.com/albums/pp204/lalacantieq/nungguabahJumatan.jpg
Hazmin Family said…
bikin ngiler aja dech .. ternyata bumbu2 itu bisa jg divariasi-in ya .. aku dah coba yg bumbu pepes .. jd pangek ikan.. kapan2 mau coba jg ah buat gulai rebungnya ... tks ya Bu atas idenya ...
mochie said…
Holy, baru sering denger bumbu instant merk ini.. tp baru ngehnya pas dia buka restaurantnya tuh di daerah matraman jakarta timur, plus ada display bumbu merk munik kumplit... kapan2 mo coba ah