Ketchup Or Kecap

Kalau teman teman blog yang menggunakan bahasa Inggris dan Indonesia dirumahnya pasti pernah ngalamin ini juga.
Ketchup yang dibaca seperti Kecap ..suka membingungkan aku , aku tuh suka banget sama Kecapnya asli Indonesia yang warnanya brown itu :)
apalagi makan pake sate kambing dan caberawit kecapnya.. hmm yummy ( jadi ngeces deh nih)
Tapi lain lagi dengan anak anakku, mereka suka banget sama Ketchup , kalau orang indonesia bilang itu saus tomat (tomato ketchup)

Jadi pernah suatu hari , Michael nggak mau makan apa apa, trus ya udah aku tawarin dia maunya apa biar aku masakin.
dia bilang;" I want fish,and ketchup ( aku dengarnya dia bilang kecap )"
aku mikir tumben dia suka kecap nih, tapi nggak lama aku tanya lagi ;" which one kecap do you like", this one? ", kataku sambil nunjukin botol kecap gede .
" No mama, I want ketchup , not that one", mulai nangis soalnya aku nggak ngerti yang dia maksud.
" ohhhh..ops sorry ..this one?", kataku lagi sambil nunjukin bungkus ketchup dapat dari Mc Donal.
" Yes ", katanya sambil narik nafas..lega kali akhirnya si mama ngerti yang dia mau .. hehehe

Ya sorry lah nak, mama nggak suka tuh ketchup bule, kecuali kalau makan pake bakso .

Ya gitu deh salah satunya yang suka membingungkan kalau si anak sering pake bahasa inggris, tapi kita tetap pake bahasa Indonesia. Tapi biar aja dulu, nanti lama lama mereka bisa ngerti kok ya , lagian aku aja kali yang kupingnya harus dibersihkan dulu, Ketcup sama kecap kan beda tuh nyebutinnya .

Soal Ketchup sendiri, disini orang orang memang apa apa pake ketchup deh, kayak kita aja yang kecap adalah makanan pelengkap juga.
awalnya aku beli yang botolan, tapi kadang menurutku nggak praktis. Dan lagi tiap ke Mc Donald kita boleh ambil sebanyak yang kita mau tuh ketchup, jadinya ya udah kalau kita makan kesana, pulang bawa bekal bungkus ketchup..hihihi mudah mudahan nggak ketahuan di camera trus besok besok aku di ban untuk datang kesana karena ambil ketchup banyak banyak.
selain praktis kan jadinya irit tuh , maklum zaman resesi kita harus manfaatkan celah, yang penting nggak nyuri kan?, lagian kadang kalau drive tru kita suka dikasih banyak, trus kalau nggak dimakan itu ketchup juga dibuang aja ke bin sama orang. Jadi Mc D. nggak rugi kok kalau aku bawa sachet ketchupnya banyak banyak, mereka nggak akan bankrupt karena aku ambilin bungkus ketchupnya ya kan? hehehe.
Tapi semoga orang bule nggak baca tulisan aku ini, jadi semua nggak ambilin tuh ketchup buat persediaan mereka dirumah , kalau iya..wah rugi deh Mc D.

Kecapnya orang Indonesia, yang dulu menurutku , makanan nggak ada gizinya banget ini, ternyata kandungan gizinya banyak juga loh, itu kan terbuat gula aren, dan kedelai.
dan sekarang orang tahu kedelai tuh bagus sekali buat tubuh.
Dulu aku punya teman , yang kalau nawarin makan dirumahnya aku cuman dikasih kerupuk dan kecap, aku lihat di meja ada ikan, ada sayur.
Dia nggak nawarin, aku dengan beraninya minta ikan di meja, dia bilang itu buat bapaknya yang kerja, sementara anaknya cukup makan nasi kecap dan kerupuk, uhh nggak bergizi banget nih pikirku saat itu, pantes aja anaknya kurus hehehe
Tapi bener sih, meski kecap ada kandungan gizinya, masak sih anak kita yang masa pertumbuhan cuman dikasih kecap dan krupuk.
Ih aku kalau ingat kejadian itu sebel banget deh sama tuh orang tua. Kalau aku pribadi sih maunya anakku makan enak dulu, baru aku makan sisa mereka ya nggak apa apa.
lah ini kok bapaknya di duluin, meskipun si bapak cari uang? itu kan kewajiban si bapak cari uang buat perkembangan hidup si anak lah tentunya.
Kecuali kalau memang terpaksa satu keluarga makan sama krupuk dan kecap semua..itu memang prihatin namanya.
wah kok aku jadi sewot. tapi ya biarlah, biar tahu aja, emang tuh anak sekolahnya nggak sampai SMA, langsung di nikahin padahal mereka pegawai Pertamina yang menurutku gajinya masih lebih besar dari gaji guru.
Intinya ceritaku, meski kecap ada vitaminnya juga, makan kecap dan kerupuk aja ntar pengennya buru buru nikah hehehehehe

Comments

Anonymous said…
Salam kenal. :)

Kecap yg brown itu maksudnya soy sauce kan? Iya sih org Indo emang sebutnya kecap.. Cuma kata wikipedia, ketchup itu justru niruin nama dr kecapnya org Indonesia.. Tp ga tau jg deh.. Hehehe.

BTW, Happy new year!
Christine salam kenal kembali, eh tadi kayaknya aku mampir ya, tapi lupa deh urlnya, kalau main sini tinggalin Urlnya ya. Happy new year juga.:)
Anonymous said…
Hehehe cerita mommy selalu asyik dibaca...

Btw met Ultah buat Daddy, mudah2an sehat selalu, panjang umur, rejeki lancar...amin.

Seger nich layoutnya baru :) kerennn...
D-eby said…
ketchup ato kecap yang pasti gak ada salah satu dari mereka , makanan gak asik jadinya :)

new year new layout,...nicely done Hol ! keren dech...
Anonymous said…
ketchup katanya sih dari bhs china. kt wikipedia sih..tapi aku gak begitu percaya wikipedia.

eh itu bapak tega bener yak. masak anaknya dikasi makan kecap ama kerupuk doank. meski bergizi, tapi khan gak cukup ya buat anak dlm masa pertumbuhan. kalo ketemu, tolong jitakin ya hahhahha

blognya cakep sekali. gemesin.
mochie said…
Hm, cerita itu ingetin sama temen kantorku nih *cowo, ud merit lama blom punya anak* kata dia kalo lagi krisis, mn yg lbh pnting dia yg makan apa anaknya yg makan, eh dia pilih dia yang makan, karena dia harus kerja cari uang, since that, kita bener2 tau egoisnya dia, sampe sama anaknya aja dia gak mau berkorban...
Anonymous said…
Happy New year. Aku juga banyak ngalamin masalah bahasa dengan Matt. Kalau dengan Jake sih ggak sebab dia sama sekali gga bisa bahasa Indo. Lam kenal yah
Anonymous said…
Saya ga ada URL. :)
Ninis said…
Wahhh, aku penyuka "kecap" nih, Mbak :)
Dulu masa kecilku sering juga makan kecap, kadang dimodifikasi pake telor dadar, telor rebus, telor ceplok.. atau cuma pake krupuk..
Bukannya bapak ibuku jahat in this case, tapi emang dulu aku gak doyan ama daging2an dan ikan2an.. suka mun2 gituh hahaha...
Tapi kebawa sampe sekarang deh doyan banget ama kecap :)
Anak2ku kuajarin makan kecap juga kadang2 hehehe.. dan doyan juga :D

Kalo ketchup mereka suka juga, cuma akhir2 ini Florian sering menolak.. kayaknya lidah anak2ku mulai menjurus ke "Indonesia" nih hahaha..
yenni 'yendoel' said…
kalo aku makan bakso, enaknya pake sambal, kecap, dan ketchup, ditambah kecup juga boleh. (dari suami lho..bukan dari abang tukang baksonya).
crysal juga doyan ketchup. kadang nyelupnya banyak2 lagi.
di sini gak dpt kecap manis adanya kecap asin doang.
kecap dari bhs chinese? kayaknya kok gak ada bunyi mirip2nya. kecap = jaing you. ketchup = fan qie jiang.
nah lho .. gak ada mirip2nya kan bunyinya?