Tanpa Judul

Aku menulis kali ini sekedar melepas unek unekku. Beberapa hari lalu, aku iseng browsing browsing ke blog orang, dan ninggalin c0mment, itu aku posting di multiply, yang setiap comment biasanya saling beruntun dan kadang ada yang reply langsung.
Aku mengomentari postingan seseorang tentang seorang calon PNS, dan pungli di Indonesia.
Karena aku pernah ngalamin sendiri aku ceritain deh gimana sikapku tentang pungli di Indonesia, dan kasih saran sebaiknya orang Indonesia bersikap kritis lah dengan pungli itu, jangan iya aja biar lancar, tapi suruh tuh orang tunjukan , peraturan mana sih yang sebenarnya harus di ikuti dan dipatuhi.
aku juga sarankan, nggak perlu demo demo kalau nggak penting banget.
Trus tuh postingan aku dijawab sama seseorang, yang langsung nulis.. " nggak usah banyak bacot, kalau nggak suka sama negri ini, pergi sana ke Amerika atau ke Malaysia."
Nah loh!!!..aku pikir. kalau semua orang berfikir kayak dia? yang kalau nggak suka trus tinggalin negri Indonesia? gimana negara mau maju sih?
bukannya terima saran orang dan dicerna, eh malah di maki maki gitu.
Bukan aku nggak suka sama negeriku Indonesia, tapi aku pengen banget rakyat indonesia hidup teratur, penuh disiplin. Kita nggak usah jauh jauh niru bangsa Amerika dengan kedisplinanya.
Kita niru negara Singapore aja lah.
Nah aku jadi ingat, di Singapore yang teratur gitu aja, KJRInya aja juga masih aja ada pungli dan nggak ikutin aturan yang ada.
Masak aku mau bikin pasport baru, karena pasportku hilang di Taxi, aku dikenain biaya sama dengan biaya di Indonesia, yang dia minta.. sampai jutaan rupiah..gila nggak tuh. bukannya bikinnya cuman berapa dollar aja gitu. pokoknya, saat orang terdesak dan bisa malak orang pun dilakuin deh.
Nah gimana caranya dong premanisme ini bisa hilang kalau kitanya sendiri nggak kritis, dan sama sama ikut merubahnya.
Ahhh pusing deh...

Btw benar kata orang, teman saat senang itu mudah didapat , tapi teman dikala susah..mereka akan menyikir satu persatu.

Comments

Anonymous said…
pertama, mudah mudahan aku bisa jadi teman yang setia dikala susah dan senang, Amin.

kedua, bener banget mbak, kita tuch sebenarnya cinta banget ama Indonesia dan puuuingin Indonesia maju, dan makmur.

ketiga, *ngelus dada sambil geleng geleng kepala* pingin tak jitak tuch orang...

keempat, apa ya? *lupa* udah ah kebanyakan komen
Desy S. Satria said…
iya mbak, gimana mau maju ya kalo mentalnya masih mental tempe gitu, apa2 diukur pake uang, orang yg susah makin susah...

hehe dirikyu termasuk teman yg macam mana niy ? :D
yenni 'yendoel' said…
wah tuh orang aneh yah! kelainan jiwa kali dia bu! gak usah dipikirin. kita sama2 kok ngarepin indo bisa makin maju (tepatnya pemerintahnya bisa makin okeh!) gak mikirin pungli, sogokan .. korupsi...
yenni 'yendoel' said…
kayaknya ada beberapa komenku ntah kenapa gak kerekam di beberapa posting. =)
mochie said…
yg protes mungkin brasa nyaman dg keadaan sprt itu *pungli dan teman2nya*

heran bgt ya, org bisa gampang ngumbar kata2 yg tdk senonoh kek gitu, apa mentang2 dia ngumpat di dunia maya ya.. klo berhadapan lgs sm Holly bisa dilabrak balik..

the good news is, kapolri sedang mencanangkan bebas premanisme dan sejenisnya, seperti pak ogah or yg suka mintain uang ke supir bis.. walo baru tahap awal dan baru dilapisan yg paling bawah aja.. at least ada perubahan menuju yg lbh baik ya..

dan kita harus dukung, soalnya mo ngumpet ke ujung dunia manapun, tetep aja dibadan kita melekat cap indonesia..
mochie said…
holly, kejadian yenni sama kek waktu km komen di satu blog ya, yg komennya bagus tampil, yg kurang di del.. hihi
Anonymous said…
Aneh sekali, justru orang peduli kok di maki-maki. Jangan dismasukan hati tujuan penulisan sangat baik. Justru kalau kita tahu dan tidak menegor akan kurang baik.Enak saja ya orang ngomong ngusir-ngusir spt negara milik orang itu.... aneh
Lala..hehehe kayak isi award aja nih,

Desy..you always my bestfriend sis.BFF hehehe

Yendoel..kayaknya kamu isi comment di blog satunya tuh, jadi disini nggak ada hehehe.

Yossy..iya harusnya semuanya tuh jangan dari bawah aja, kalau preman dari bawah itu mereka kayak minta minta deh, nggak minta gitu anak istrinya nggak makan, bukan kayak pejabat mereka preman cari kekayaan dan uang lebih.

Sestri.. ya gitu deh manusia Indonesia yang baru pinter dan lebih suka premanisasi, makanya ditegur marah marah ..:)
yenni 'yendoel' said…
emang ni blog ada kembarannya yah .. dg adres beda? (*bingung*)