Iklan Mobil

Tadi sore aku liat sebuah Iklan mobil di TV, merek Chevrolet (the Chevy Volt is a hybrid )
Yang akan diluncurkan tahun 2010.
Mereka bilang " The First forty miles without gas "
Pertama kali dibenakku, terkagum kagum..hebat banget.. bisa bolak balik ke pasar atau ke sekolah antar jemput anak anak tanpa ngeluarkan biaya buat beli bensin nih.
Trus dengan becanda , aku bilang sama Daddynya anak anak, itu firstnya aja ya? selanjutnya mungkin 1 galon satu mile.. hehehe
Si Daddy bilang, iya setelah itu dia bakal minum gasoline deh tuh mobil.
Kepikiran terus dengan kalimat iklan mobil itu, aku lalu browsing di Internet soal tuh mobil.
Ternyata memang itu mobil adalah mobil yang punya 2 engines.
Gasoline ( bensin ) engine, dan Electric engine.

Memang pada dasarnya kalau kita berpergian hanya jarak 40 miles sehari , kita nggak perlu gunakan bensin lagi, electricnya yang bekerja.
Cuman aku mikir lagi, trus untuk membangkit electric itu bukannya perlu bensin juga?,
ternyata nggak..
Electric Enginenya mendapat tenaga dari nanophoshate-based batteries yang lebih aman operasi , tahan lama dan higher outputs dari pada lithium ion batteries, yang hanya kita colokan ke listrik rumah kita, seperti kita lagi mau nge-charge mobil mobilan atau HP kita.

Jadi memang kalau kita mau jalan jalan dekat dekat saja memang hemat ya,
Itu perhitungan tentu tidak dihitung dengan macet dijalan , atau ingin ngebut.
Karena meski top speeding itu mobil bisa 120 mph,

Namun dengan kondisi yang aerodynamic, electric, regenerative-brake-using driving, an ultra-efficient, small, inexpensive gasoline engine kicks on dan recharges the battery.
Hanya menggunakan tenaga penggerak pertama dengan gas generator, kecepatan yang ditempuh hanya 60 mph ( termasuk kecepatan yang lambat kalau di Hwy yang batas maxnya 75 mph )

Ya bagus juga lah..
cuman kembali lagi ke hal awal dia nggak nyebutin berapa gas setelah 40 miles itu, bisa jadi bener seperti daddynya anak anak bilang, setelah 40 miles, dia akan minum bensinnya tuh.
Dan bill listrik dirumah kita pun akan meloncat tinggi.
dan lagi berapa lama daya tahan battery-batterynya?, dan meskipun tidak menggunakan bensin 40 miles pertama, tetap untuk pertama kalinya dia perlu gas generator buat pencetus gerakan meski sedikit tetap perlu kan? dan nggak mungkin kita beli bensin cuman segalon buat daya tampung tank yang 30 galon .
kalau nggak dipakai pakai, nanti bensin yang ada malah menguap juga, jadinya mubazir dong ya.

Tapi buat polusi dan ekosistem sih jadi bersih..sedikit emission ( gas produced from outomobils).

Comments

yenni 'yendoel' said…
kalo memang bener, ramah lingkungan dong. tapi charge-nya berapa watt? sebanding gak biaya listrik utk penghematan bensin. jangan2, biaya ngecharge malah lebih mahal dari bensin. terus apa macam batere hp, kudu pakai habis dulu, baru recharge. kalo kepakai 30 mile, apa kudu habisin dulu yg 10, baru charge lagi? kalo tertarik beli, kudu nanya sampai abis. hehehe! di sini sih udah banyak model sepeda listrik. pakai charger. repotnya kalo tinggal lantai 4, kudu bawa batere (aki) sampai lantai 4. berat bokkk! ada juga komplek apartemen yg menyediakan sumber listrik buat charge. tapi sepeda listrik di sini juga rawan dicuri. 1 unit harganya mencapai 1-2 juta rupiah. jangankan sepeda listrik. sepeda ringsek (punya temanku yg dah jelek banget) pun masih dicuri.
Anonymous said…
while it is tempting to have a hybrid car however, I think we need to wait and see about this chevy's performance :) when it's already in the market.
Anonymous said…
kalo aku seh disuruh milih mobil biasa atau mbl itu mending yg biasa aja seh soalnya kita jg punya mbl kan emang kebutuhan bukan buat hobby *kebanyakan duit kalee* jd mengkoleksi mbl yg aneh2 hehehe.. belum lagi kalo rusak segala macam ahh ribet banget, tapi kl ada yg ngasih seh mau aja hehehehe...
Ninis said…
Harganya berapa tuh, Mbak?
Ckckck.. kagum aku sama otak manusia2 yang penuh eksperimen macam itu!