Sunat

Aku lihat comment di FBnya widie yang anaknya baru disunat, duh kok orang di Indonesia masih ngerasa aneh sih , disunat masih bayi.
ada yang bilang kasihan lah, ada yang bilang kok udah disunat?
Apa kurang informasi ya? kalau sunat itu sekarang di anjurkan demi kesehatan dan kebersihan alat kelamin.
Kalau dari awal anak kita sudah sunat, si anak kan juga lebih sehat? .
dan lagi selagi bayi ini lah kecepatan untuk pulihnya lebih cepat dibanding nunggu sudah besar.
Sudah besar bisa saja terjadi infection karena dia main main , atau duduk disembarang tempat.
Trus terpaksa absen sekolah karena dalam rangka penyembuhan.
Aku pernah baca tuh ada yang bekas sunatnya infection, karena tergesek gesek celana, dia nggak mau pake sarung , karena malu .
Yang ada tambah lama lagi kan sembuhnya?

Nah bukannya lebih bagus semasa bayi ini? ya kalau mau acara sunatan sih.. bikin acara selamatan aja lah , nggak perlu saat anaknya disunat, bisa kapan aja kan? dan itu juga bukan diharuskan.
Adikku dulu sunat juga nggak pake acara besar besaran.

Ya itu semua hak mereka, cuman aneh aja sama pertanyaan dan penyataan , yang kaget dengar bayi umur 2,5 bulan disunat.
Duh..bangun bu!!..bangun.. banyak baca baca dong..!!, jangan internet cuman buat baca gosip!

Nambah setelah baca comment Widie :
Iya Widie, di Indonesia memang tradisinya sudah besar baru disunat.
Yang jadi masalah sama aku comment-commentnya itu loh, yang terkaget kaget mengetahui bayi 2,5 sudah disunat.
kayak kalimat, masih bayi kok sudah disunat?,atau..baru tahu nih, kalau bayi sudah bisa disunat.
Nah itu..kemana aja si ibu? atau apa aja yang mereka baca?, yang aku pikirkan, mereka yang main FB kan sudah nggak gatek lagi, pasti pintar baca berita, atau internet, harusnya keadaan gini bukan sesuatu yang aneh lagi buat mereka.
Kalau misalnya memang keadaan yang kayak widie bilang, sudah besar baru bisa disunat didaerah tersebut atau hal dan keadaan lain. Ya itu lain masalahnya :).
Tapi mereka kan nggak perlu terkaget kaget melihat bayi kecil sudah disunat, kesannya kok kayak kita tega lihat anak kita yang bayi udah disakiti..gitu loh.

Ya aku cuman menulis ini mengeluarkan apa yang ada dibenakku setelah baca comment yang teraneh aneh dan kesannya kita nyiksa sikecil .. ya peace deh buat si ibu yang comment di FB( * ditujukan buat temannya Widie, kali aja ada yang mampir sini ..hehehe ), biar tambah wawasannya tentang Sunat menyunat ya bu.. banyak banyak cari infonya.( asal jangan cari info bagaimana bisa menyunat uang milik rakyat ..hehehe )

Comments

Anonymous said…
hehe..sabaarr...sabarr....buu
yah tradisi org beda2 mba kl di indo kan tradisinya nunggu anak udah gede dulu krn biar ngga takut atau apalah, aku aja siabay krn dulu tinggalnya di indo dan disana ngga biasa menyunat sejak bayi yah gimana lg masak mo maksa2 sm dokternya hehe selain itu kita hdp di indo kan ada keluarga besar kt perlu pertimbangan banyak keluarga untk memutuskan sesuatu. tp ada jg lho daear yg emang sejak kecil boleh di sunat tp bukan bayi tentunya hehe...

pengalaman aku yg barusan nyunatin bayi, ngga ada masalah kok *walopun awalnya kuatir dan selalu nanya2 mba holy yg udah pengalaman sebelumnya* mudah dan cepet krn "itu" sibayi msh lunak dan ngga berdarah yahh sedkit nyesel jg napa dulu abay ngga dr bayi yaaa..skrg udah gede gini susah bgt ngerayunya hehe....
kalo aku delapan bersaudara cewe semua *jgn diketawain lho!!*, jd blm pernah menyaksikan sunatan mbk. Ntar kalo Jija punya adik cowo, pingin juga disunat pas msh baby, biar ga repot merayu rayu pas udah gede...

Btw msh blom ketemu header yg sreg, jd gonta ganti mulu, selain itu biar ga bosen hehehe
Anonymous said…
iya...mending waktu bayi yak sunatnya daripada gedenya.. entar berasa sakitnya kalo udah gede hahahah :)
tapi sekarang2 ini rata2 udah pada sunat anak2nya ya...
mochie said…
Duh pagi2 disini lg ujan deres pulak, ada yg misuh2.. hehehe

Kalo nurut aku, mungkin yg komen gitu krn dr keluarga non muslim.. Msh banyak yg berpikir kalo sunat itu anjuran wajib agama Islam.. Tapi jaman2 skrg jg ada mantan temen kantorku yg udah segede gitu baru disunat, mungkin setelah dapet pencerahan sunat demi kesehatan.. Better late than never rite?
yenni 'yendoel' said…
btw, sunat gak cuman utk kalangan muslim kok. yg non muslim ada juga yg bayinya disunat, utk kesehatan.
Yossy, yang kasih comment itu dari namanya kayaknya Muslim kok, dan yang jadi masalah tuh aku misu misu nih, Dia bukan mempermasalahkan SUNATnya..
Tapi kenapa masih BAYI dan baru umur beberapa bulan sudah disunat.

Ya kesannya kok tega sih kita nyunatin anak yang masih belum tahu apa apa ..gituloh..

Jadi bukan masalah sunat itu buat kesehatan atau apanya.. :)

Tapi di comment selanjutnya temannya sudah bilang kalau di Indonesia sudah ada dokter yang mau menyunat bayi yang baru lahir.
semoga aja dibaca sama dia yang comment tentang itu bayi :)
yenni 'yendoel' said…
ngerti kok maksudnya Holly. dan bukannya sunat bayi juga udah banyak di indo yah? kayaknya dari dulu dah dengar. dan setuju, bukannya sunat sedari bayi malah bagus. gedenya mereka gak usah 'menderita'. apalagi makin bayi, tingkat pemulihannya makin cepat.
aku pernah bikin salah motongi kuku si Angie (*sampai sedih dan nyesel setengah mati deh pokoknya*), kepotong secuil kecil dagingnya. padahal udah ekstra hati2 juga. dagingnya itu agak nempel ke kuku gitu (mirip papanya). waktu itu dia umur sekitar 3 bulan.sampai cemas banget, nyaris mau kubawa ke dokter. eh, 2 hari berikutnya dah sembuh. aku sampai takjub dan bersyukur banget, untung sembuh cepat. kalo makin lama, bisa makin menyesal diriku. habis itu, kalo gak sampai panjang banget kukunya, gak aku gunting, jadi paranoid. balik ke sunat, makin kecil disunat, sakitnya lebih ringan dan pulihnya makin cepat. idem kayak patah tulang, semakin tua kita mengalami patah tulang, semakin susah sembuhnya. ya kan ..!
Ninis said…
Florian belom sunat nih hehehe... pusing juga ntar ngerayunya gimana yaks :D