Berhemat

Zaman resesi gini, kita memang harus pandai pandai bagaimana mengatur keuangan, nggak perlu gengsi ataupun malu, kita harus pandai menfaatkan yang ada.
Kalau aku memang cuman ibu rumah tangga biasa, nggak ada idea gimana caranya saat sekarang bisa ngatur waktu dan cari uang tambahan.
Aku sama sekali nggak bisa dagang, nggak bisa jualan di Ebay, atau sale baju di Internet atau bikin kue.
Pernah coba jualan makanan, hasilnya lebih banyak rugi dari pada untung, untung sih tapi nggak seimbang sama capek dan stressnya, dan sedihnya kalau makanan nggak laku.
Atau lebih sedih lagi kalau dibilang , makanannya kurang enak.
Ya memang nggak semua orang suka dan satu selera dengan kita, tapi tetap aja kecewa dengar critic.

Temanku juga usul aku jualan aja di Internet, sebab selain aku ngerti soal internet dan tiap hari tiada waktu tanpa depan computer, satu satu jalan biar bisa search duduk depan internet sambil menghasilkan uang ya itu jualan di internet.

Tapi, tetap ada tapinya.. aku nggak bisa , nggak tahu deh nggak ada jiwa dagang sama sekali.

Trus aku berfikir gimana dong caranya mengatur keuangan, yang gaji tetap aja segitu sementara kebutuhan makin banyak.
tadi di Oprah aku lihat salah satu cara biar bisa mengatur keuangan.
Nggak usah beli barang yang nggak perlu !..
Ya maksudnya, nggak usah beli baju baru , daur ulang baju yang ada.
Trus aku juga suka nonton The Duggar family, mereka ini punya anak 18 .
Biarpun mereka kaya (bapaknya punya beberapa property yang disewakan, dearler mobil, dan salah satu anggota senat di statenya).
tapi keluarga itu tetap anggak mau pake CC ataupun beli barang baru.
Semua barang yang mereka pakai second hand , mereka beli dari second hand store ataupun dikasih orang.
Meski mereka terkenal sudah masuk TV, mereka tetap tanpa sungkan menerima pemberian orang .
Meski sesekali aku lihat mereka ada juga sih beli t-shirt baru.
Bahan makananpun mereka berusaha beli yang ada discountnya.

Aku sekarang berusaha beli makanan yang bisa disimpan lama, kayak teri, udang kering.
pikcle ,
atau bikin cabe ulek dan dimasukin kulkas.
Sebab beli bahan makanan dalam jumlah banyak biasanya lebih murah dari pada sedikit sedikit.
Tapi tinggal kita harus pintar pintar gimana memanfaatkan sebaik mungkin jangan sampai terbuang.
habiskan dulu bahan makanan ada dipenyimpanan, sebelum kita belanja lagi.
Belanja harus strict sama yg ada di catatan kita aja, atau planning awal mau masak kapan, jadi nggak ada bahan yg busuk dikulkas atau berjamur.
Jangan malu kumpulin kupon meski cuman 50 cent discount.
Ya itu dulu yang aku bisa , ada saran lain?

Comments

Anonymous said…
Bener jaman resesi gini, ibu apalagi FTM harus pinter2 ngatur keuangan keluarga ya.. Ya bikin gagal maning tuh kalo liat diskonan, duh biar belum perlu saat sekarang, tapi ngebayangin sayang banget kalo dilewatin... Ntar kalo pas butuh beli dengan harga normal kan sayang banget ya
Mungkin bisa dicari2 keahlian diri kita yg bisa dimanfaatkan secara ekonomi..
Yuliana-Fun said…
yuuuppp...kudu pinter2 ngantur keuangan... sekarang aja dah mulai berhemat...khususnya makanan.. tapi kok malah jadi nambah ndut yak? hehehe :)
yenni 'yendoel' said…
hemat air, air bekas cuci pakaian -- bisa utk ngepel, nyuci mobil atau nyiram wc (cuman repot kudu ada ember penampung). kalo mandi, aliran shower jangan kenceng2. sikat gigi, air cuman diperlukan buat menyikat gigi dan bilas sikatnya. gunakan gelas kumur. jgn biarkan air keran mengalir saat sedang menyikat gigi. air bekas cuci sayur juga bisa buat nyirem wc. cuci piring dg baskom, jangan dg air mengalir. mandi dg bath-tub sangat boros air.
hemat listrik, matikan lampu2/tv/radio kalo sedang gak terpakai. beli alat elektronik recharge(hemat batere). setrika stlh pakaian terkumpul agk banyak. jangan memasukkan makanan masih hangat/ panas ke kulkas.
hemat bensin, jarak dekat, gunakan sepeda atau jalan kaki. rajin kontrol mesin mobil, spy gak boros bensin.
pakaian, anak2 pakai baju turunan dari kakak2nya. beli beberapa pasang kaos kaki dg motif/warna sama, kalo satu robek/rusak, bisa saling ganti. ide mendaur ulang pakaian juga bagus tuh.
dan bener banget, jgn beli barang yg gak perlu. kalo ke supermarket, bawa list belanja, jadi gak lirak-lirik barang2 lain yg gak perlu, semakin banyak yang ditengok, semakin banyak yg dibeli.
kertas bekas bisa dipakai bolak balik. buat anak2 gambar/latihan menulis. dulu waktu masih sekolah, suka kumpulin sisa buku tulis yg gak kepake, terus dijilid jadi satu, jadi buku tulis lagi. atau dijadiin kertas coret2. nyampul buku pakai kalender bekas, koran, atau dari kantong plastik.
apalagi yah..?
tips terakhir .. DOMPET DIJAHIT, biar mau ambil duitnya susah!
Anonymous said…
Aku kasih bocoran dikit ya mom berdasar pengalaman.

Sekarang udah mau summer, biasanya kan banyak orang sini yg ngadain yard sale/garage sale di hari Sabtu/ Minggu (barang2 seken yang dijual). Nah biasanya aku hunting tuch barang2 yg masih bagus dan kira kira layak kita jual lg hehehe... Aku jualnya di craigslist. Posting aja berdasar kategori barang di situ. Kalo ada yg tertarik biasanya akan meng-imel/telpun kita. Terus transaksi, dapat tambahan dikit. Jangan sungkan untuk menawar pas kita beli di garage sale. Biasanya Church Yard Sale tuch barangnya murah2 dan masih bagus2 soale mereka ngadain yard sale untuk menggalang dana dan ga cari untung banyak.

Eh tapi katanya di jual di Ebay untungnya bisa lebih banyak, tapi aku blom pernah coba.
Anonymous said…
Tambahan, biasanya aku cari microwave, car seat, ato barang barang yg awet dan tahan lama. Jadi kita ga rugi. Dan selama ini barangnya laku laku aja.
Ninis said…
Aduh Mbak Holly.. sama deh kayak aku, nggak bisa dagang :(

Tips2 dari Mbak Holly & Ci Yenni, sukurlah selama ini memang banyak yang udah jadi kebiasaan kami.. nggak perlu malu berhemat, beli barang diskonan atau baju2 didaur ulang, dijahit yang rusak, baju kakak dikasih adik..
Tapi kalau beli second hand baju sih aku emang nggak suka.. Buatku sih mending jarang beli tapi baru daripada ada resiko kena penyakit kulit etc..
Unknown said…
Iya Hol, sekarang jamannya serba mahal. Gak kyak dulu!

Elo masih bisa berhemat yah Hol soal makanan. Gw susah banget, kegoda mulu! Males masak tinggal beli, begini kalo rumah dkt ama warung2.
Abis kalo udh capek jd manja males masak. Makanya mungkin masa mendateng, gw kudu cari tempat tinggal yg jauh dari warung en tempat makan, biar hemat.
Christine Wu said…
Wah kalau saya hemat apa ya? Samu sih jarang beli baju baru soalnya saya emang dr dulu beliinnya yg uda 3t sejak dia 18 months jadinya masi bisa dipake sampe skrg. Hahaha. Trus kl grocery saya cm bisa iritnya bagian bread, bikin sendiri itung2 lebih banyak dan lebih irit. Dan kita jaraaaang banget beli2 barang kecuali grocery ya seminggu sekali.
Duh makasih buat Saran sarannya....
@Yossy ..iya betul beli memang harus pas Discount dan di stock tapi jngan kalap ...
@Yuliana_Fun... Ya mesti kurangin jajan kali ya, asal jangan ngurangin makanan pokok..itu harus soalnya
@yendoel ...Makasih Yen tips tipsnya..
@Lala .. Ya itu lah La nggak bisa sama sekali kayak gitu, meski udah coba kok jualan di Craiglist sekalipun.
@Ninis..... Itu baju dicuci dengan air hangat sebelum dipake, ya sih resiko itu selalu ada.
@Hasan ..... wah Hasan ada bagusnya ada nggaknya juga ya.. Eh Hasan siapa ya? kok aku lupa nih.. sorry udah punya SML ( sort Memory Loss ) nih hehehe
@Christine.. ya itu salah satu untuk berhemat, jajan bikin sendri.. kalau pintar masak ya ok nggak masalah ya.
Hasan??? Lia ya? kok bisa Hasan ya ..kirain cowok hahahah ketepu gue..nggak baca comment yang lainnya dulu sih hehehe
D-eby said…
berhemat yah..adoh mo kasih tips apa nih Hol ?, smuanya dah kesebar ama yang lainnya. Sekarang2 ini yang lagi dikurangin yah jajan diluaran..hik...pengen bikin tapi adohh lebih banyak malasnya...tapi kalo dah sekali bikin yah bikinnya segambreng trus taruh di freezer buat persediaan..he..he..he..
Anonymous said…
kalo aku sekarang masak buat 3 hari. biar sekalian gitu. hemat tenaga ama listrik, plus nyuci pancinya sekalian.
Anonymous said…
Berhemat? tentu saja saya setuju 100%. Hari gini nggak hemat, jangan-jangan tengah bulan udah kedodoran. Nah, untuk bisnis di internet sebetulnya banyak sekali peluang tanpa harus punya produk sendiri. Salah satunya lewat program periklanan (Pay per click) google adsense google atau ikutan afiliasi untuk produk-produk amazon.com. Banyak yang udah berhasil, bahkan bisa menghasilkan sampai ribuan dollar per bulan. Saya juga ikutan PPC lokal dan bisa dilihat pada blog saya dipasang sejumlah iklan. Kalau ada orang yg klik iklan itu, saya dpt bayaran. Selamat mencoba. Jangan lupa klik iklan saya ya...he..he...
@D-eby .. duh enaknya yang pintar bikin kue , aku mood mood-an sih bikinnya nih
@Merculifalling .... anak anak kalau udah 2 hari bikinya itu itu aja udah ogah nih sis.
@ Widjaksana .....hehehe makasih..iya ntar aku click dan coba deh.