Question , Q..and Q....

Akhir akhir ini aku sudah mulai malas deh ikutan FB, awalnya senang juga ketemu teman teman lama, yang dekat sama aku.
Tapi kelamaan , teman teman itu punya teman yang kenal aku , tapi nggak terlalu dekat.
masih teman SMA, cuman jaman SMA lebih banyak aku cuekin.
Bener aku punya teman banyak sih waktu SMA tapi cuman beberapa aja yang dekat dan benar benar sahabatku.

Nah kenapa aku jadi malas dan sebel nih sama FB, ya sebab media itu lah yang bikin mereka gampang banget ngajukan pertanyaan , kadang aku mau online tapi pengen ngobrol sama teman teman tertentu, aku nggak bisa tuh jadi offline aja tapi masih lihat siapa aja yang online, kayak di YM.
Kayak hari ini, aku online, sudah ada aja yang negur ,seorang yang males banget deh pertanyaan pertanyaannya aku jawab.
memang sih pertanyaannya biasa aja, seputar tinggal dimana, anak berapa?
cuman buntutnya.. aku bilang di USA..langsung deh bilang.. Wah enak dong, ajak ajak aku dong
Kesan USA tuh dekat dan menyenangkan... emangnya taman Ria?.
atau dia tanya lagi, kerja apa disana? .....aku jawab..buruh!... mereka bilang .. iya tapi dibayar pake dollarkan? .... ahhhhhhhhhh
Ada lagi yg tanya, kawin sama bule apa orang Indonesia?.... ini lagi, apa nggak lihat suamiku brown gitu? aku tuh pajang photo keluargaku, kecuali aku nggak ada photo photo boleh deh tanya tanya gitu.
Trus ada lagi, teman yang minta tolong beliin sesuatu disini , ntar diganti.. wah ini lagi.. kapan mau gantinya? lah dia tuh orang yg terkenal pengen memanfaatkan teman banget.
Aku bukannya nggak mau jawab, cuman pertanyaanya nggak ada habisnya, dan buntutnya kayak aku sudah kaya raya berlimpah harta disini.
mereka pasti nggak percaya , kalau hari ini kami cuman makan telur dan nasi, atau kami cuman makan sayur dan roti , sebab itu yang paling murah saat ini disini.
Mereka pasti juga nggak percaya kalau kami beli baju bekas orang, dan barang barang furniture bekas orang, biar kami bisa hidup disini.
kalau kami disini bisa internet, itu karena fasilitas Internet murah dan gampang, kalau nggak punya internet online, tinggal bawa aja laptop keliling dan stop didekat rumah yang internetnya nggak di lock , atau nongkrong di Mc Donald.
Bukan kami nggak mau berbagi rezeki, tapi kami masih punya saudara yang harus kami bantu juga di indonesia sana, dan itu yang utama bagi kami.

Kalau dibilang semua orang begitu, saudara saudaraku nggak tuh, harusnya mereka yang lebih kritis lagi tanyanya ..tapi mereka diam aja , dan bersyukur udah ketemu sama aku.
Meski sebenarnya mereka nggak tahu juga aku nikah sama siapa, dan ngapain disini, aku juga baru ketemu mereka lewat FB, setelah 10 tahun lamanya.
Tapi mereka tinggal di Singapore.
Apa karena adat kebiasaan orang Indonesia yang pengen selalu busy body pengen tahu urusan orang?.
Ahhh nggak gue banget deh, kalau bukan orang dekat aku ogah deh cerita siapa gue, atau kalau baru aja ketemu , kalau orang itu nggak duluin cerita aku juga nggak akan tanya tanya.

Ada lagi temanku yang tinggal di US sini juga cerita, temannya di Jakarta sana nulis kedia di FB" eh gue nggak ada duit nih, kasih duit dong.. kirimin"...... ih nyebelin banget tuh.
ahhh,,*teriak * IYA... KAMI DISINI PUNYA POHON YANG BERBUAH DOLLAR!!!!!!... ahhhh !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!..kesel gue ( keluar deh jakartanya nih).
Aku akan stop mantau FB dulu deh kalau gini caranya.. capek hatiku..bikin wajahku berkerut kerut.. dan bersungut sungut karenanya, bukan tertawa tawa seperti di puisi anak anak itu.

Hal lain yang bikin aku bersungut sungut adalah, soal teman akrabku.
Mereka ini punya restaurant, dan mereka pun kena dampak resesi juga, restaurantnya jadi sepi, sementara bill bill datang terus, mereka memang bikin restaurant dengan dana pinjam di bank.
Nah gimana mau bayar bill bank, bill harian, kalau restaurant mereka sepi gitu.
Sementara kalau ditutup juga mereka masih mikir, salah satunya jalan si suami cari kerja lain , yang maksudnya buat nutup sedikit lah kekurangan dari pemasukan restaurant itu sampai stabil lagi.
Hal ini juga jadi heboh di lingkungan sini, bukan heboh karena tekad mereka yang pantang menyerah atau apa, malah heboh karena mereka sepi dan hampir bangkrut.
kayaknya kalau mereka tutup bakal banyak orang yang bersorak senang, padahal jelas jelas restaurant ini sudah menghasilkan banyak juru masak yang bisa dihandalkan, karena selama ini temanku itu bantu orang orang indonesia yang nggak bisa apa apa jadi pintar masak, bikin sushi,atau masakan jepang lainnya.
Yang nyebelinnya yang ngomongin dia tuh orang yang udah dia bantu.. duh boro boro dibantu malah diomongin.
Ada lagi restaurant Indonesia yang tutup karena resesi ini, komentar orang indonesia disini " Tuh..akhirnya tutup juga tu restaurant" Duhhh sebel banget deh dengarnya.. nggak ada manisnya itu komentar.Dari komentar itu jelas sekali kalau tuh orang nunggu nunggu kapan tuh restaurant bangkrut.
Kalau temanku itu ikutan tutup restaurannya mungkin komentarnya akan tambah aneh lagi deh.
Pernah Sahabatku itu tanya sama orang yang sudah dituakan disini, minta saran bagaimana nih ngatasinya.. jawaban tuh orang "tua", " Ya tutup aja kalau sudah nggak sanggup, dari pada dipertahankan tambah banyak hutang".
Ya pak!!!, kalau jawabannya gitu sih nggak usah dikasih tahu juga udah terpikirkan.. ahh susah deh, semua orang cari selamat kalau kita lagi disial, dan takut dekat dekat sama kita.

Kalau kita lagi sedikit "ada" menurut mereka..semua berlomba minta bantuan, dan jadi sahabat... apakah harus begitu???

Comments

Christine Wu said…
Mbak, saya baca yg tentang temen2 Indo di facebook jd inget.. Kan temen2 saya banyak tuh yg seumuran saya belom married (22-23), trus begitu tau saya di US bilagnya, wah enak ya.. cariin cowo bule donk.. Haaahahaha. Belom tau aja cowo2 bule disini kan banyak yg aneh2 jg..

Trus nanya suami saya org apa, saya blg Cambodian, dibilang ih bego lu! Kenapa ga sama cowo bule aja.. (Ini temen yg lmyn deket yg bilang). Jd kesel jg.. Hahaha. Maap jadi cerita mbak. :DD
D-eby said…
well can't say more since I don't join the FB...:)

banyak pertanyaan yah hol?...he..he..kayak orang ulangan aja, tiap kali nongol di FB ada ulangan mendadak. Wes sing sabar saja kalo ada pertanyaan2 usil yang tidak kena dihati.
Unknown said…
Jangan takut onlen fb lagi Hol.
Apalagi gw..banyak kok temen2 lama jaman smp en sma ajak ceting, tanya detail ttg keluarga gw disini, minta cariin cewek/cowok bule. Busyett! hahahha.. Untungnya yah g sampe minta duit..

Cuma kalo gw orangnya y g sembarang mo ngecet, kadang kan cm mo onlen sebentar doang, ya gw bilang gw g bisa chat..gituin aja Hol..palage kalo bukan temen2 deket mending g usah di add. Makanya skarang gw banyak banget temen2 di fb gw seleksi..trus abis itu gw apus.
Anonymous said…
halah..itu cerita diatas sama kayak temanku di indo sono. bulan lalu dia baru belajar internet and chatting deh ama aku. baruuu aja mulai chat, langsung ngomong ; komputer aku rusak nih, beliin donk dari US

plaaaaaaaakkk

belom lagi yg minta dicariin bule, yg minta dicariin kerja disini. baca koran gak sih !!!
yenni 'yendoel' said…
tenang Hol, jangan esmoni.
biasalah namanya manusia. gak cuman orang indonesia kok. di mana2 kebanyakan kalo lagi senang, teman2 jadi banyak, lagi susah, yg tadinya 'teman' pada kabur. jadi biarin aja, jangan kepikiran. life goes on ..right? kalo kita memang 'teman yg baik' .. kita bantu sebisa mungkin teman kita yang kesusahan. Tuhan yang membalas. Tuhan tidak akan membiarkan anak2nya berkekurangan. itu yg selalu aku percaya.
yenni 'yendoel' said…
kadang2 kayak 'beliin dong dari US' dll itu cuman becandaan aja. gak beneran mintalah. mungkin krn skrg aku ada di china, jadi nyantai2 aja kalo ngobrol ama teman2 di luar negeri. kali kalo aku di indo, kalo chat sama orang Us juga kali gitu, tapi hanya becanda doang. gak seriusan. kali lho ... karena kalo baca2 sono sini dari blog beberapa teman, emang kebanyakan gitu gaya bicaranya thdp teman2 yg imigrasi dan menetap di luar negeri. mugnkin juga gak ada bahan ngobrol/bahan guyon. padahal seneng bisa ketemuan di FB .. tapi so far teman2ku belom ada yg nanya model gitu. yg ada.."di china yah.. bisnis bareng dong. tanyain harga ini itu." aku bantu sebisa mungkin kalo nanya2 harga komoditi/barang .
Anonymous said…
Hol, Cuek aja deh... jangan gara gara merekakmau jd berhenti FB......
Aku mah cuek aja.... Udah terbiasa......

kalo dibilgn enak dpet dollar yah? yah jawab aja.... Keluarnya juga dollar... Kalo keluarnya rupiah, itu baru enak..... Sama deh kaya kamu, terima rupiah, keluarnya rupaih....... Jaid jangan ngebandingin dollar ama rupiah.....

Terserah mereka mau teriak mereka minta apa..... masa bodo ajalah. Kalo emang itu org bener bener bener perlu bantuan banget, yah kalo kita bis abantu yah bantu... kalo kaga yah mau gimana... kan kemampuan kita terbatas, laian kita juga kaga kerja disini... Suami yang cari duit... Kan kita kaga bisa sembarangan keluar duit. Kita juga musti bisa menghargai kerja keras suami yang banting tulang....
Ninis said…
Wuihhh topik ini mau aku tulis juga lo, Mbak :)
Persis begini banget kasus2nya... kalo pikiranku lagi enteng, gak banyak kerjaan, aku bisa nanggepin santai.. tapi kalo lagi puyeng orang2 macam itu datang.. wadohhhhh, langsung esmosi jiwah! Hahaha..
Makanya aku nggak pernah ol di FB, Mbak :)
Lebih suka pake YM kalo pengen chatting, bisa invisible..