Sue ... Nge-Sue ..

"Sue" disini bukan nama orang, Nge-Sue..istilah yang sering dipakai orang Indonesia di Amerika.
Suing.. to bring an action against, or to proceed with and follow up ( a legal action ) menurut
www.merriam-webster.com/dictionary/sue

Ya kadang kita sering baca tentang orang sue Restaurant, pereorangan, bahkan Goverment.
Teman SMAku di Facebook bilang, enaknya di Amerika, segala gala bisa sue dan dapat duit.
Dia bilang gitu karena dia pernah baca ada orang kejebur di lubang pinggir jalan, dan orang itu ngesue pemerintah dan dapat compensasi karenanya.

Ya kalau memang kita celaka karena sesuatu hal yang kita sendiri nggak sanggup mengatasinya, aku rasa sih wajar untuk ngesue ( bawa hal itu ke court), cuman kan nggak semuanya hal yang semacam itu harus bawa ke court.

Selain ke court itu tidak gampang , kita harus punya lawyer yang bantu kita ngurusin prosedur "suing" ini.., dan tentunya butuh uang untuk itu, sebab kalah atau menang kita tetap harus bayar lawyer.
Butuh waktu yang habiskan pikiran kita dan waktu kita ke hal yang belum tentu bisa diterima court ( belum tentu menang , bahkan kadang bisa balik menyerang kita balik, karena mempermalukan mereka misalnya ).

Cuman mungkin banyak yang berfikiran sama kayak teman SMAku itu, bahwa segala sesuatu diAmerika sini bisa disue, dan kita bisa dapat duit compensasi karenanya..bisa jadi kaya dan dapat duit gampang... wah enak banget kalau iya ya!?.

Soal Sue ini, aku punya cerita sendiri.
Kemarin kami makan siang di Pho , Pho tuh bakso vietnam kesukaan kami, sekarang kami punya Pho langganan baru, meski nggak seenak bakso langganan kami yang lama, tapi lumayan lah, tempatnya cukup bersih ( ini penting karena Michael nggak suka ada aroma lain yang keluar dari dapur Restaurant).
Kami sudah tahu apa yang akan kami order, aku order appetizer, shrimp Egg rool , itu kayak lumpia tapi shrimpnya digulung utuh, bukan dicincang.

Nggak lama shrimpnya datang duluan, si Daddy langsung ambil satu, begitu dia gigit sepotong, langsung keliatan kalau shrimpnya masih mentah, meski kulit lumpianya sudah garing kecoklatan.
Mungkin tukang masaknya, make api terlalu besar, atau minyaknya terlalu panas( temperatur minyaknya kurang tepat ), sehingga yang diluar masak duluan , padahal kulit lumpianya cukup tebal.
Tentu aja kami protest dong, kalau kami order raw seafood sih lain masalah. Pelayannya bawa masuk lagi orderan kami itu.
Akhirnya maksud hati mau appetizer duluan ( makanan pembuka ) yang ada , makanan utamanya udah datang duluan , dan kami saking laparnya ya langsung makan.
Nggak kepikir sih harus marah, atau protest yang selanjutnya, kami cuman ingin makanan itu dimasak lagi sebagaimana mestinya.

Akhirnya Shrimp egg rollnya datang lagi, trus servernya ."bilang ini free, dan ini order sebenarnya..compliment from the cheff ( aku nggak tahu mana yang dia maksud compliment from the cheff, order yang dimasak ulang atau yang baru ) ",
kita gigit sedikit, dan keliatan masak..trus bilang makasih ke servernya.
Enak dong dapat 2 porsi dan aku makan banyak tuh..hehehe 1 porsi ada 4 pieces.

Selesai makan, aku tinggal TIP di meja, aku bilang berapa nih ninggalinnya tanyaku ke daddnya anak anak
"ya secukupnya aja lah kita juga perlu uang", kata suamiku.
trus aku langsung ke kasir untuk bayar, begitu di total aku lihat kok nggak ada shrimpnya, aku mau tanya agak ragu juga apa dia salah kasih checknya nih, aku terdiam agak lama, sambil mikir..ah biarin dia salah.. kan untung diaku kalau gitu..heheheh *devilnya ada juga*
Cuman aku mikir lagi, ah nggak seberapa Hol, nggak boleh gitu...mereka juga untungnya kecil kok , kata hati kecilku sisi yang baiknya .
Kalau di film film ada dikiri kanan gitu loh, Devil and angelnya ..hehehehe

Akhirnya si Angel menang, aku tanya ke dia.. ini salah kali ya..... kok....
Belum selesai aku ngomong si kasir yang merangkap owner bilang," Nggak kok itu benar, aku sengaja nggak charge kamu buat shrimp egg rollnya, maaf the cook lagi nggak bener tuh".

Senang dong, akhirnya aku balik ke meja dan cerita kesuamiku kalau shrimp tadi nggak bayar, ya sebagai gantinya, aku tambahin ninggalin Tip dimeja.

Trus aku mikir, kok gitu ya? apa dia takut di sue? ..tapi sue kan nggak gampang, dan aku nggak mau cari musuh.. aku mau dunia damai, aku nggak mau enak sendiri diatas kesusahan orang.
Mungkin aja the cooknya akan kena marah atau potong gaji karenanya.. tapi mudah mudahan nggak lah, jadi pelajarannya aja buat dia.

Bener..Aku nggak akan bisa tidur nyenyak kalau aku merasa orang menderita karena kesalahan yang aku buat , meski aku nggak bermaksud begitu.

Oh ya.. Minggu ini belum jadi Tubing, suamiku ada acara.. jadi diundur minggu depan..mudah mudahan.
Dan aku tiba tiba pengen nulis... aku minta maaf ya buat teman temanku , keluargaku..kalau ada kalimatku atau tindakanku yang tidak berkenan dihati kalian..benar aku tidak bermaksud begitu.
Kalau misalnya, kalian merasa aku lecehkan, aku hina. aku rendahkan. aku tipu, aku bohongi..benar aku nggak ada merasa diriku yang paling tinggi ..aku nggak pernah merasa diriku yang sempurna.. Kita semua sama ..sama kedudukan..terutama dimata Tuhan.
Meski kita punya , agama, pendidikan, dan rezeki yang berbeda...

Semoga aku tidak mengulang kesalahan yang sama.. tapi kalau aku salah..peringatin aku ya..kasih tahu kalau aku salah.

Comments

Christine Wu said…
Hi Mbak Hol! Itu emang sering sih kl misalnya orderan makanan ada yg salah, kynya mereka kasi "on the house" alias gratis sih menurutku bukan krn takut di sue. Mungkin mereka ngga mau kehilangan pelanggan, dan itu cara mereka minta maaf. :)

Tp yg nyebelin tuh ada orang yg saya kenal, trus dia suka banget sengaja nyari2 kesalahan restoran, biar dikasi makanan gratis. Itu kan nyebelin. Hahahha.
Wul oh gitu ya, aku baru kali ini si ngalamin hal itu ..jadi ya nggak tahu deh :),

Aku nggak akan kayak kenalan kamu itu, kasihan banget.. apa dia nggak takut makanan/ minumannya di ludahin karena terlalu sering complain?
Christine Wu said…
Dia sih ga ada takutnya.. Lah lg nyetir dia suka nyari masalah sama drivers lain, biar nanti drivers lain bayar ke dia gt. Aneh deh. Suka sengaja nyari masalah gitu biar digratisin mulu.

Aduh Mbak Holly, saya jgn dipanggil Wul donk... Hahahhaha. Christine aja...
hahaha..iya lupa kok jadi Wul sih hehehe sorry say.. lupa bener :P
Christine Wu said…
Itu dia taro foto Samu di myspace gitu. Abis itu kan suami saya blg, loh kok ada sih ni foto2 Samu di myspace, pdhal saya kan uda ga pernah buka myspace. Trus foto2nya baru2 lagi. Pokoknya foto2 yg saya taro di blog ini deh. Pas kita cek2 trus itu ternyata exnya suami saya. Nah, disana foto Samu tu ditaroin caption, blg anak cacat mental. Kita report sih ke myspacenya, besokannya uda diapus. Tp tetep aja kan jadi takut..
wah ..sirik aja tuh orang, nggak dapat cinta bapaknya..anaknya jadi sasarannya..aneh kok ada aja ya orang kayak gitu... Rese habis deh tuh.. bisa bisanya dia habisin waktu buat search photo photo Samu..nggak mungkin kan dia tahu address webnya kalau dia nggak cari cari..
Ya sama lah kayak orang yang neror aku ini, kayaknya dia pernah ditolak cintanya sama suamiku juga deh..makanya dia neror sampai mati ..kasihan sama orang yang kayak gitu, ..mudah mudahan mereka diberi petunjuk jalan yang benar :(
yenni 'yendoel' said…
di china juga mulai banyak orang sadar hukum, sering ada tayangan soal belajar hukum di tv. tapi orang gak dikit2 sue di sini. hanya kalo kasus gede aja. misal sampai ada yg cacat atau meninggal, atau pencemaran nama baik, atau menyangkut misal rumah, tanah, dll. kadang bahkan sampai gontok2an sesama sodara/orangtua dan anak, gara2 urusan harta benda. kalo yang di restoran, biasanya tinggal komplain ke yg punya restoran tau manajernya, biasanya bakal diganti.
aku juga hol, aku gak mau mengambil sesuatu yg bukan milik, kalo uang kembalian salah, aku tau, pasti aku kembaliin. kalo gak rasanya kayak punya hutang. kalo sampai nemu hp atau dompet pun pasti aku usahakan bisa diterima kembali oleh pemiliknya. barang yang memang bukan hak kita, biarpun kita sampai menginginkannya, pasti suatu saat akan 'diambil' lagi ntah dengan cara apapun.
bibip said…
jujur eman susah ya...tp dimulai dr kita sendiri okelah...disini smua org tertib Hol, kalo ada protes customernya wadoh minta maafnya sampe bungkuk2 dan diganti lagi samma d...

bedanya dirimu ga bagi2 shrimp egg roll nya ma kite disini hehe...

maap2an ntar abis lebaran aja yeeee ^o^ *devil jg*
Wendy said…
Iya betul, itu utk jaga langganan kayaknya Holly, jadi digratiskan. Elo baek hati amat....kalo gue sih kali Devil yg menang...hehe..asumsi memang udh digratiskan ;-)
Iya memang di amrik ini org2 pada hobbi ngesue. Gue jg sampe bingung, yg aneh2 aja itu kasusnya.