Sekolah dan Bahasa

Aku nggak sabar rasanya nunggu Michael sekolah kindegartennya. Selain aku akan hadapin tantangan baru lagi , nggak tahu gimana ntar Michael. Juga aku nggak sabar pengen lihat perkembangan Michael selanjutnya.
Senin ini dia akan mulai kursus berenangnya.. bisa aja sih aku yang ngajarin, tapi aku ingin dia diajarin sama guru aja, kadang diajar guru berbeda dengan diajar sama orangtua sendiri.
Kalau dia sudah sedikit lancar aku akan mudah ngajarin dia tekhnik berenang selanjutnya.

Ryan belum aku ikutin, soalnya dia kadang masih takut sama air, nanti lah kalau dia sudah nggak takut lagi, atau kalau dia sudah lihat abangnya have fun sama air , pasti dia akan ikut juga.

Sekolah tinggal sebulan lagi mulai, Michael belum beli backpack /tas sekolahnya ..disini masih pake backpack kok yang mudah bawanya untuk anak kecil. Aku bingung ada teman bilang katanya nggak boleh pake backpack lagi..aneh aja dimana tuh larangan?. Katanya sih buat anak anak sekolah karena kasus boom yang ada biasanya ditaruh di backpack.. , menurutku sih itu pemikiran yang bego banget.. apa trus kalau mau boom harus pake backpack..kalau mereka mau ngeboom nggak harus backpack ya tetap aja bisa kan?.. ahh aku capek kalau berdebat sama dia, aku cuman dengarin aja lah..selama bukan guru anak anak yang larang aku sih tetap belikan anak anakku backpack.

Ryan sudah aku belikan, dia memang belum bawa apa apa kesekolah, paling cuman baju ganti dan selimutnya, ( topi dan sarung tangan kalau musim dingin) . Ryan suka sekali sama backpacknya..dia ngerasa sudah besar..kemana mana backpacknya dibawa , dirumah juga.. dia masukin semua mainannya kedalamnya. Dia suka banget sama Nitendo DS, dan itu Nitendo dimasukin juga , ( Michael kurang suka sama Nitendo, dia lebih suka sama game di Internet).
Aku belikan backpack The tiger temannya Pooh, kebetulan lagi discount di disney store di Mall dekat sini.
Rencanaku aku akan beliin Michael juga, cuman kemarin itu tas kecil banget untuk Michael yang pasti sudah mulai bawa buku Home work dari sekolahnya.(biasanya sudah tebal tebal), kata orangnya sebelum mulai sekolah akan ada barang baru buat sekolah, dan lagi 2-1 minggu sebelum sekolah mulai ada tax free for back to school. Lumayan lah discount $1-2 an.

Bahasa masih jadi kendala bagi anak anakku, meski mereka sudah ngerti dan bisa komunikasi sama anak anak lain, tapi belum bisa ngobrol gitu, baru jawab singkat singkat aja, nggak kayak anak di Indonesia yang sudah ngomong lancar banget seumur Michael dan Ryan.
Selain mereka belajar banyak bahasa ( Inggris-Indonesia, kadang spanish), juga karena aku jarang ajak mereka ngobrol.
Daddynya juga nggak banyak ngobrol, ala kadarnya aja. Mau aku sih si daddy ajak anak laki lakinya sering ngobrol, tapi si daddy emang orangnya termasuk nggak banyak ngomong sih.

Aku? duh capek kalau ngajak anakku ngomong, aku sudah letih duluan ngeladenin permintaan mereka sehari hari.. mama.. I want juice..mama I want eat.. atau mama..poop ( minta dicebokin), atau Mama... Huahhhhhhhhhhhh * emily nangis karena berantem sama Ryan*
semua mama deh rasanya.

Ryan lagi masanya cemburu sekali sama Emily, adiknya ditindih, di injak..duh kalau nggak lihat habis deh anak perempuanku babak belur, yang ada aku harus ikuti kemana Emily pergi. Ikut main sama mereka. atau aku ajak Emily baring baring aja dikamar sambil lihat video.
Berusaha ngejauhi Emily dari Ryan untuk sementara. Aku sudah larang dia melakukan itu, tapi kalau aku nggak lihat Emily pasti jadi bulan bulanan sama dia, keliatan sekali kalau dia cemburu sama Emily.
Nggak tahu deh gimana caranya agar Ryan bisa ngalah sama adiknya. Kalau Michael sih benar benar sudah bisa dikasih tahu untuk ngalah sama Emily. Kadang kasihan lihat dia lagi makan apple trus Emily main rebut applenya.. Michael nggak marah..malah kasih itu apple ke Emily.
Biasanya kalau aku lihat, aku ganti applenya.. atau aku larang Emily untuk melakukan itu, tapi karena Emily belum ngerti kebanyakan aku selalu bilang.. Makasih Michael.. ini mama ganti..!.
Ya semoga begitu Ryan mulai sekolah, dia sudah bisa mengerti untuk mengalah sama adiknya.

Kemarin Ryan teriak teriak.. hahahah Bitch.. is so silly ..hahahaha..
kayaknya dia nonton TV yang ada orang ngomong begitu, dan menurut dia itu lucu ( lihat orang bentak bentak biasanya dia malah ketawa ).
Aku shock dengarnya.. tapi terus aku bilang baik baik.." Ryan..that's not nice.. and that's not funny or silly too. Please , stop to say that word.".
Dia kayaknya ngerti kalau aku nggak suka dia ngomong itu.. dan sejak itu dia nggak ada ngomong begitu.
kalau Michael sudah paham kalimat yang aku nggak suka, atau video/ permainan yang aku nggak senang dia lihat. misalnya ", permainan tembak tembakan, atau permainan yang pukul pukul binatang.. atau apapun yang ada unsur kekerasan.. aku tinggal bilang.. "Michael is not good", biasanya dia langsung close itu permainan, atau video yang lagi dia lihat ( youtube).
Dia juga sudah bisa kasih tahu adiknya mana permainan yang Boleh, dan mana yang tidak boleh dimainkan.
Adiknya sih masih suka marah, tapi aku tutup aja , jadi nggak bisa protest lagi, sebab dia nemukan itu permainan juga kebetulan..dan nggak ketemu lagi deh tuh Urlnya.

Ya , mudah mudahan anak anakku tidak melihat hal hal yang aku tidak inginkan. dan selalu dilindungi Tuhan dan dijauhkan dari segala kejahatan.. dan semoga dia menjadi anak anak yang berakhlak baik, dan sopan ....Amin.. itu harapanku.

Comments

Christine Wu said…
Aduh Mbak Hol, saya sama suami saya jg orang yg diem2 yg kl ngomong ya kl perlu ngomong aja. Kan ada orang yg nonstop ngomong kecuali lg tidur. Hehehhe, nah temen2 ama keluarga tu pd suruh kita bawel2an ama Samu biar dia cepet ngomong. Tp kok ga natural rasanya..

Wah Michael uda mau sekolahhhh. Hehehhe, bentar lg tau2nya si Emily juga udah sekolah. :)
Christine.... iya..makanya cuman sekolah deh harapan kita buat ajarin dia ngomong, berhubung disini jarang ketemu keluarga atau teman yang senang ngobrol :)

Iya..nggak kerasa deh, kayak baru kemarin melahirkan Michael dan gendong dia yang masih bayi...cuman berdua dirumah.. ahhh lucunya bayangin :), dan sekarang dah besar aja..
Mommy Axel said…
Memang perkembangan anak cepet banget yak. Perasaan baru gendong, tahu2 sekarang udah lari2, ga lama lagi udah bisa protes. Wakakaa...
yenni 'yendoel' said…
sabar yah mom. memang gitu anak2. untung michael dah gede, dah ngerti.
kalo crystal kadang juga masih suka mukul adiknya.tapi bukan karena cemburu. lebih karena mereka berdua rebutin sesuatu. kadang aku biarkan crystal yg ngalah. kadang aku biarkan angie yang ngalah.biar seimbang. jangan sampai merasa mamanya lebih berat ke salah satu.
memang capek tugas jadi FTM! FTM itu adalah occupation paling hebat di dunia. benar lho sis! aku kalo weekend, jadi FTM 2 hari aja, berasa berat badanku langsung turun, rok/celana langsung longgar. padahal aku dah kurus banget. 39-40kg. kalo makin turun timbangan, bisa gawat!!!! jadi jam makan siang di kantor harus dihajar. sementara suka gak enak menunya! tapi kudu dipaksa makan, biar timbangannya balik lagi.
kalo udah kerjaaan pada beres, memang kudu sering ajakin anak2 ngobrol. kalo aku sering ajakin ngobrol atau baca buku. kalo pun mereka main dg komputer, sebisanya aku temani. untungnya kedua anakku punya kemampuan verbal yg mayan kuat.khususnya tuh si crystal. kala anak2 seusianya baru bisa ngomong dg 2 potong kata. dia dah bisa ngomong full 1 kalimat, lengkap dg subyek-predikat-obyek. kala anak seusianya masih menyebut diri dg nama, dia sudah bisa menggunakan kata "saya" "kamu" . tapi yah gitu, selalu aku rangsang utk berbicara, selalu aku ajak bicara. yg bungsu agak sedikit di bawah kakaknya utk verbal.tapi skrg umur 19 bulan, dah bisa nyanyi theme song olympic 2008. walau gak 100% tepat pengucapannya.
Wendy said…
Holly, mungkin memang udah bawaannya ngak cerewet/bnyk omong. Anakku yg besar jg bnyk diemnya, pertama sekolah disini dikira gurunya ngak ngerti. Anakku yg kecil kebetulan cerewet, padahal ya aku jg jarang ajak dia ngobrol, seringnya nonton PBSkids aja sama2 :)
bibip said…
hehe kebayan banget capeknya ngurus 3anak ya^o^
Kalo caca uda bs protes katanya kok mama ngomongnya nada tinggi mulu marah ya hahaha...skrg aku hrs jelasin kl marah itu tanda sayang hihi
ntar si mic kl dah SD kali bgitu ^o^
Y u L i a said…
wah repot juga yak kalo masih cemburuan, mungkin ntar tambah umur bisa bikin ryan gak cemburuan ya... moga-moga besok Maxine gak cemburuan sama adeknya hehehehe