Daya penciuman yang tajam

Kayaknya udah menjadi keturunan di keluargaku soal daya penciuman ini..
Dimulai dari Nenekku ...kemudian Mama..turun ke Aku..dan selanjutnya Michael

Nenekku menurut mama bisa mencium bau bangkai tikus atau binatang mati ..sementara orang lain nggak bisa menciumnya....
Begitu juga mamaku  tentunya..kelebihan lain mamaku bisa mencium bau badanku yang menurut dia bau banget dan maksa aku suruh mandi sering sering meski menurutku diriku sendiri nggak ada baunya sama sekali.. mungkin karena aku sudah terbiasa sama bauku sendiri ya :)
dan juga soal bau bauan yang lain biasanya mama lebih dulu menciumnya sementara orang lain tidak mencium bau apapun ( umumnya bau busuk )
Dan hal itu menurun keaku.
aku bisa tahu ada kecoa dalam  satu ruangan denganku ..atau bau bangkai lainnya yang orang lain belum tentu bisa menciumnya..
dan kemudian Michael .. nah anakku satu ini lebih tajam lagi soal indera penciuman ini.

Aku ...
Masalah tajamnya penciuman ini kadang sangat menyiksaku terutama dengan bau bau yang kadang meski menurut orang wangi tapi karena sangat menusuk hidungku  aku jadi pusing dan merasa tersiksa.
Parfum seseorang yang terlalu wangi atau wanginya aku tidak suka ..bikin aku pusing.
aku bisa cium bau kaki seseorang sebelum orang lain mencium baunya..
Aku bisa tahu orang itu baru makan pete meski menurut dia ..dia makan sudah dari kemarin dan sudah sikat gigi.
Aku bisa mencium bau mulut suamiku kalau dia diam diam merokok.. ( aku nggak suka suamiku merokok )..meski dia bersikeras mengatakan tidak merokok. tapi akhirnya ngaku juga karena aku bilang aku nggak bisa dibohongin.. ( sering jadi bahan pertengkaran karena hal ini )
dan aku pernah jadi vegetarian sewaktu sekolah di Sydney..sebab bus stop dekat tempat aku tinggal didepan toko daging yang baunya aku tidak suka sekali ( bikin aku mual dan muntah ).
dan masih banyak hal hal lain yang kadang sangat menyiksaku...tapi kadang menyenangkan..
Menyenangkannya.. aku bisa mencium bau masakan yang dari jarak jauh jadi aku bisa tahu restorant itu enak atau nggak :)
atau bisa mencium bau bunga tanpa harus dekat dekat dengan kuntum bunganya ..:)

Dan Michael.. anakku ini ..kayaknya lebih tajam lagi penciumannya dibanding aku dan mama.. mungkin lebih mirip nenekku ..seperti cerita mama ..soalnya aku nggak pernah tahu persis keadaan nenek ini .

Seperti halnya kemarin.. aku motong buat semangka ( watermelon ) ..yang tumbuh dikebun belakang rumahku ..aku tanam di pot hasilnya buah semangkanya cuman sebesar kepalan tangan orang dewasa.
cukup manis tapi sudah terlalu tua karena lama dipetik ( aku pikir awalnya bisa jadi lebih besar lagi )
Buah semangka ini akhirnya aku potong dan aku makan sendiri karena aku pikir kasih ke anak anak nanggung banget..dan mumpung mereka nggak lihat ya udah aku makan aja sendiri ..
Emily ternyata lihat aku makan. akhirnya aku kasih dia sepotongan kecil.
Michael yang sedang asyik main komputer tiba tiba nyeletuk.." Hmmm watermelon" ( yang memang buah ini favorite dia banget ) ..aku langsung kaget ..kok bisa dia mencium baunya sementara bagiku buah kecil ini nggak mengeluarkan bau watermelon sama sekali karena sudah tua.
Akhirnya aku kasih juga dia potongan kecil.

Kemudian tadi..aku refrozze bakso untuk makan anak anak..tapi separuh jalan aku mikir kayaknya enak dibuatin spagetti aja nih buat dinner.. akhirnya tuh bakso aku masukin lgi kekulkas.
Dan mulai merebus air buat spagetti tapi sebelumnya aku tanya Michael dulu apa dia mau spagetti buat dinner.
Dia yang lagi asyik main computer langsung datang ke kitchen  menghampiriku ..dan langsung bilang " I like spagetti. but I don't like meatball "
Ya ampun.. aku aja nggak ada mencium bau meatball yang aku refrozze tadi.. tapi dia masih aja mencium itu bau  bisa bayangin seberapa bau sih meatball yng masih beku !.
dan lagi aku juga nggak pernah kok buat spagetti pake meatball .. jadi benar benar dia mencium bau meatball yang rencananya aku mau masak tadi..

Ya karena tajamnya penciuman dia ini kadang bikin dia sengsara.. dia bisa langsung muntah  cuman karena mencium bau yang menurut dia nggak enak.
Ada kejadian yang menurutku lucu soal bau ini.
Bau gedung tua kadang aku nggak suka ..bau debu ..dan bau kayu lapuk bikin aku pengen muntah
nah biasanya kalau kami pergi jalan jalan suka cari tempat makan.. nah ini biasanya aku harus masuk dulu kalau menurutku baunya nggak enak..aku akan minta suamiku cari tempat lain.
Tapi tentu aja kadang hal ini bikin suamiku kesal soalnya dia sudah lapar berat aku masih minta dia cari tempat lain.
Ya sudah akhirnya aku tahan perutku dan berusaha nelan makanan yang tersaji.
pernah aku nggak bisa nelan sama sekali dan minta di bungkus aja . suamiku tanya" kenapa?..  Gedung tua ..baunya nggak enak..
Suamiku langsung pasang wajah nggak suka sama jawabanku ..
nggak lama Michael langsung pasang muka pengen muntah dan nutupin mulutnya.. itu tandanya nggak lama muntah akan keluar kalau nggak cepat cepat dibawa keluar.. tuh kan apa aku bilang ...kataku kesuamiku ..

Langsung aku tarik dia keluar gedung dan ajak duduk di mobil.. kami aman..makan dimobil saja .. sementara yang lain makan didalam :)
Makanya ..aku lebih suka beli  makanan bawa pulang atau makan di mobil ..kecuali kalau aku yakin itu restaurant baunya nggak aneh aneh ..
dan kami nggak pernah lagi ajak Michael makan di Buffet..sejak 2 kali ajak dia makan disana ..dan selalu aja akhirnya muntah...
Ya mudah mudahan istri kamu nanti bersih or resik ya nak.. jadi kamu nggak tersiksa sama bau bauan yang menusuk sekali.

Comments