Resep nasi kuning dan Csnya.



Kayaknya aku harus pasang Resep Nasi kuning/tumpeng buatanku ini, meski memang berdasarkan sumber sumber yang ada di internet, tapi ada beberapa bumbu yang kurang lengkap rasanya disana. jadi aku tambahin sendiri. Dan biar untuk kedepannya aku nggak nyari nyari lagi.

Nasi Kuning


Nasi kuning ini resep dasar dan caranya aku ambil dari Sexy chef.

Bahan

Beras 6 takaran rice cooker ( 1 takaran =1/2 cup )
Santan 400 ml, ditambah air hingga cukup batas menanak nasi biasanya.
Kunyit ( Tumeric powder secukupnya )
Daun Salam
Daun serai ( lemon grass ), di gepuk, dimemarkan
Garam secukupnya.

Caranya
sebelum dicampurkan keberas, sebaiknya santan dan kunyit bubuk dicampurkan ditempat terpisah dan diaduk hingga merata.
Saat memasak di rice cooker sesekali di aduk agar kunyit dan santan merata.

Urap


Bahan:
sayur kol
Labu siam (chayote)
Touge
wortel ( di potong seperti batang korek api)
Kacang panjang
Kelapa parut

Bumbu: ( digiling halus )

Cabe merah,
Bawang merah 7 siung
Bawang putih 2 siung
Daun jeruk
Garam secukupnya

Caranya:
Semua bahan direbus separuh matang/ dikukus lebih dulu ( kecuali kelapa parut).
Bumbu yang sudah dihaluskan di campur dengan kelapa parut, lalu si goseng ( goreng tanpa minyak ) ,hingga bumbu dan kelapa tercampur seluruhnya. kemudian diangkat,dan di campurkan kedalam sayuran.


Pindang telur di Luar Indonesia

Biasanya pindang telur direbus pake merang padi atau daun jambu klutuk.
Berhubung nggak ada semua itu ya udah aku akalin pake teh, yang penting warnanya sama hehehe.

Telur, daun salam, daun teh ( teh celup juga boleh ) , dan sedikit garam. direbus sampai telur berubah warna.


Kering tempe

sama kayak resep resep yang lain.

Ps:Chayotes or labu siam
Aku sengaja pajang gambar labu siam , soalnya kemarin minta beliin papanya Michael labu siam, eh dianya nggak ngerti jadinya terpaksa cari cari image diinternet dulu, nah gambar labu siamnya nggak ada yang dalam bahasa indonesia tuh. jadi kali aja ini dibutuhkan ntarnya buat kasih tahu bapak bapak..ini loh labu siam ..hihihi.

Comments

Greiche Gege said…
whaaa..eh ucapan selamat ulang tahun buat Michael ada di 2 postingan sebelumnya..dah dibaca mbak?Btw biar afdol..met ultah lg ya Michael..itu nasi kuningnya bikin ngiler..apalgi ada urap n labu siamnya...Masalah labu siam nihh..sma kek suamiku..minta dibeliin labu siam eh dapetnya malah labu air..hihihi
yaya said…
Ditunggu kiriman makanannya ya mbak :) Leotnya keren bangetttt...adeemmm
D-eby said…
Bu bisa pesen urapnya buat 7 bulanan ntar ?...he...he..he...he..
bibipbondry said…
holly..thx ya udah ngasih alamat terbarunya...gw selalu maen ketemunya website elo, trus bingung jg mo liat postingan tervarunya...duh akhirnya seneng banget bs nyambung lg sekarang ^o^.

btw thx juga ucapannya maren, jd si michael samaan dong ma gw aquarian club hihi....

bip-mom`s caca
Vivie said…
wah holly km rajin ya masak memasak, kalau aku mah suami yg pinter masak hehehehhe aku yg makan...sun buat michael and ryan ya dr aku dan patrick heheheh
yenni 'yendoel' said…
eh, pinter & kreatif deh.. tau aja pakai teh .. pindang telur teh lumayan ngetop di china!
(*enjoy so much reading your blog*)