Soto Padang buatan Mama

Soto padang
Aku nggak bisa masak sebenarnya, mulai belajar masak ketika kuliah dulu, itupun jarang, kalau pas pulang masak, paling cuman masak air dan nasi, masak air kadang malah hangus karena lupa diangkat waktu masak, bunyi..sampai lama sekali baru sadar kalau lagi masak air..untung nggak meledak kompornya.

Dan begitu menikah, aku baru mulai belajar sendiri membuat macam macam masakan. dengan modal baca sana sini, dan tanya ke mama tentunya yang menurutku masakan buatan ibunda tuh enak banget , TOP deh pokoknya
Kalau sebelum nikah aku cuman masak masakan yang menurutku gampang dibuat dan enak buat aku makan. soalnya kalau aku nggak suka, ya susah, aku aja nggak suka apalagi orang lain.
Masakan yang aku bisa dan bumbunya diluar kepala cuman , Sup-an, dan tumis-tumis-an (segala yang namanya sup dan tumis bumbunya kan gampang banget).

Ya aku bukannya nggak diajarin mama masak, tapi mama selalu bilang aku lelet kalau masak, bisa nggak makan anak tiri ntar!..gitu dibilang, ihhh siapa juga yang mau punya anak tiri, nggak lah.

Tapi syukur banget mama ajarin aku motong motong, ngulek, dan aduk aduk gulai, jadi aku nggak bego-bego banget soal dapur.
soalnya ada temanku , yang megang pisau aja kagok, gara gara dia nggak pernah diizinkan didapur sama ortunya, wah itu mah lebih kelewatan sekali namanya. Dia Putri raja mungkin ya, hehehe atau anak orang kaya yang punya pembantu 3.

Kemarin aku buat soto padang, yang sebenarnya mudah banget bahannya cuman masaknya repot.

Bahan:
Daging has ( direbus sama bumbu no.1 )
soun or bihun terserah sukanya, biasanya sih bihun
touge ( kalau mau di tambahin)
Jeruk nipis
kerupuk merah kalau ada
Pergedel kentang

Bumbu no. 1 ( untuk merebus biar dagingnya ada rasa dan nggak bau anyir )

Bawang putih 2 siung,
Ketumbar 1 sdt
Garam secukupnya
jahe seruas jari.

Bumbu no. 2 ( di haluskan):

Bawang Merah 7 siung
bawang putih 4 siung
Kunyit (untuk pewarna sedikit aja )
kapulada , kalau ada
jintan, sejumput
cengkeh 2-3 kuntum
Pala 1 sdt.
serai ( lemon grass )
daun jeruk
Daun bawang
garam secukupnya.

Caranya:
Setelah daging direbus hingga empuk, kemudian diiris ukuran buat dendeng, dan di goreng hingga garing,atau di suwir suwir dulu baru digoreng.

Bumbu no 2 di tumis dulu, masukan semua bahan kedalam tumisan, daun jeruk makin wangi kalau ditumis begitu juga daun bawang.

Air rebusan daging ditambah sedikit air secukupnya dan dimasukan bumbu no2 kedalamnya.

setelah mendidih siap disajikan
Soun, di tabur dendeng yang sudah di potong kecil kecil,pergedel..dan beri kuah sopnya.
Biasanya kurang lengkap kalau nggak sama sambel soto ( cabe dan bawang direbus, dan dihaluskan , jangan lupa garamnya )
dan Kerupuk merah kalau ada.
hmmm enak deh.
Soto banjar juga enak cuman bahannya dari daging ayam.

Comments

Greiche Gege said…
Mba Holly..kalo di Malaysia kayaknya bisa pake sup bunjut yah? Soalnya mamaku kan dari Banjar, dia bilang rasanya sup bunjut kayak soto banjar..berarti bisa kali ya?..*maksa dikit*..udah ngga tahan nih..hehehe