Cerita Mama

Berenang adalah kegiatan yang memang sejak aku masih single aku sudah rencanakan bakal aku ajarkan untuk anak anakku. Aku nggak akan memaksa mereka untuk pintar berenang tapi paling tidak mereka "bisa" berenang, maksudnya bisa mengapung dan mengayuh deh kalau nggak bisa berenang yang semestinya.
Manfaat renang aku rasakan sekali, aku yang saat SD selalu jadi anak bawang karena termasuk kecil, dengan berenang pertumbuhan badanku bisa sedikit panjang ( Tall),Aku juga bisa punya banyak teman dari bisa berenang, dan bisa ikutan team Basket di SMA karena tinggiku dan juga aku jadi bisa mengatur pernafasanku, sehingga saat niup saxophone pun nggak kesulitan( aku ikutan marching band di kampus dulu)
Beruntung sekali dulu orang tuaku nggak segan segan ikutin aku Les, apa saja asal aku mau , dan biasanya aku memang suka dengan les -les itu, tapi nggak ada yang " Sempurna" menurut mama.
Maksudnya.. kayak aku Les nari Bali... aku nggak sampai bisa semua tari Bali, meskipun aku sudah sering ikut manggung di setiap ada acara di lingkungan Pertamina, maupun di sekolahanku.
Ikut Les nari Jawa, lumayan lah aku bisa juga , sampai akhirnya aku bisa ngelatih dan kreasi tari untuk anak anak yang lebih kecil dari aku , untuk manggung di sekolahan mereka.
Tapi tetap belum sempurna menurut mama, aku nggak tahu dimana batas sempurna menurut beliau, tapi maksudku.. mama tuh nggak pernah kedengarannya muji deh seingatku. ( Almarhumah cuman muji kita kalau kita bisa berhasil jadi juara di sekolah)
Eh pernah ding, beliau muji waktu aku nari sendiri di SMP waktu acara perpisahan. aku lupa nama tariannya, tapi tari jawa yang pake panah.. (satria mungkin ya), yang aku ingat papa potret aku , aku dandan sendiri, dan mama jaitin baju tarinya, hasil photonya pun masih ada , dibingkai besar,
Okay, kembali kesoal Les..
Aku juga ikut les renang, Karate, Tennis, silat, taekwondo sampai ikutan Les organ dan gitar dan juga piano .
Oh ya les piano aku ikuti waktu aku mau kuliah di IKIP jurusan seni musik, yang mengharuskan kita paling nggak bisa piano, aku ingat sekali , aku ikut les yang dilatih sama profesor ( dosen IKIP) yang pinter banget pianonya, kadang kita main piano dia main biola, meski cuman lagu yang simple jadi terdengar menarik deh.
Dari semua les yang aku ikutin cuman karate yang sampai bisa jadi pelatih, dan dapat penghasilan, yang lainnya cuman asal bisa aja .
oh ya aku juga ikutan Pramuka, dari kegemaranku ikutan Pramuka aku bisa jadi guru honorer di SD buat ngelatih pramuka waktu aku kuliah, meski uang honornya habis buat ongkos jalan dan jajan aja.

Tapi hasil dari Les - Les yang aku ikutin semasa aku kecil , adalah setiap ada kejuaraan di lingkungan Pertamina, aku selalu ikutan pertandingan dan kadang hasilnya lumayan, meski nggak juara 1
Aku berterima kasih sekali sama orang tuaku yang mau mengeluarkan biaya extra buat ikutan les les itu.
Adik- adikku juga ikutan les les itu, tapi nggak selengkap aku, soalnya minatnya lain lain.

Sekarang hasilnya aku ngerasakan sekali, paling nggak aku bisa ajarin anak anakku nanti atau mengenalkan mereka sama kegiatan yang aku pernah ikuti.. tapi nggak mungkin Michael atau Ryan aku ajarin tari bali hehehe..nggak deh.. nggak macho ahh, buat anak perempuanku aja kali ya ntar.. Amin

Kegiatan lain yang orangtuaku ajarkan ,mencintai alam, kami sering kali diajak jalan jalan lihat pemandangan , entah itu ke waduk, ke gunung, ke kebun binatang atau cuman kesawah, yang aku rasakan banyak sekali manfaatnya.
Aku bisa tahu jenis dan macam tanaman secara langsung dan bisa jadi lebih mudah ingat saat pelajarang Biologi.
Yang menyebabkan aku suka sekali sama tanaman, terutama kalau lihat tanaman yang baru tumbuh tunasnya.. ihh bahagia banget ada kepuasan sendiri lihat tanaman yang kita tanam bertunas.
Nah hal inipun aku mulai ajarkan buat anak anakku.
Disini kami jarang sekali ajak mereka jalan jalan ke Mall, kalau pun ke Mall paling cuman untuk ke studio photo, dan memang jadinya mereka teriak teriak kalau diajak ke mall bawaanya mau pulang aja.
Aku lebih senang ajak mereka ke perkebunan, atau ke supermarket tapi yang khusus tanaman disini ,namanya Home Depot atau Lowes, mereka ada bagian yang jual tanaman, biasanya kami cuman keliling doang kadang , meski kadang juga ada aja yang dibeli ( yang Sale khususnya)
Kekebun Strawberry dan ke kebun apple adalah salah satu program tahunan, begitu juga ajak berenang ke water park.( untuk musim summer/ spring).
atau paling nggak ajakin anak anak nyiram tanaman di belakang rumah.
Hal yang belum aku kenalkan benar benar adalah musik, mengenal alat musik sudah tapi mengajarkan cara bermainnya belum.
kalau nyanyi nyanyi termasuk pengenalan music kan?
Pelajaran agama? , itu perlu.. mereka masih belajar dari kami dengan cara melihat/meniru.
Baca doa mau tidur, atau yang lainnya itu sudah pasti harus dikenalkan sejak dini.
Ah.. impianku banyak ya buat ngajarin anak anakku, tapi yang aku harapkan, paling nggak anakku nanti bisa nguasai 2 bidang olah raga( berenang itu keharusan), 1 alat musik, kalau bisa lebih .. ya lebih bagus... Amin

Comments

Anonymous said…
hi mbak. ttg kindergolf, aku ga tau sih bola-nya sungguhan/yg lbh soft. soalnya kmrn itu ga ikutan nganter :(
gini deh sedihnya kalo kerja. ada acara apa di skul, aku ga bisa ikutan.

iya keliatanya jeslyn left-hander deh. soalnya makan, gunting paper, nulis, sampe kalo pointing dan bye2 pun pake kiri heheh.
sama sih, mbak. aku juga biarin aja dia mo pake tgn kiri atau kanan. terkecuali untuk salam sama orang, aku pasti remind dia utk pake tgn kanan. tapi selebihnya, aku biarin aja. kadang2 suka ada yg komen sih kalo liat dia makan misalnya. tapi ya biar aja lah hehe
wah ryan bakal sama nih ama jeslyn :)
Anonymous said…
Waah..mama hebat ya...bisa macam-macam dan mau les macem-macam. Ada kan orang yg dilesin tapi ogah-ogahan karna itu cuma disuruh mama dan kitanya ngga seneng jdnya ya ngga bagus, tapi simama ini serba bisa ya...bagusnya bisa ngajarin ke anak misalnya berenang ngga perlu kursus lg.

Kalo saya cuma bisa nemenin berenag begitu aja tapi kalo ngajarin ngga telaten biasanya Abahnya Akbar yg ngajarin berenang, krn dia anak laki kan lebih pas ajah kl sm abahnya hihi...alesan ya...bilang aja ngga bisa haha...
bibipbondry said…
halah kagum2 gw Hol, ternyata jago segala macem dari kegiatan cewe ampe olahraga karate^o^...dari indoor ampe outdoor.
asiknya kalo udah cobain semuanya...

pasti nurun nih mic n ryan juga suka macem2 kegiatan...