Emily 3 weeks old

Ya umur Emily sudah 3 minggu, belum cukup sebulan tapi kami sudah lumayan banyak jalan jalan nih, ya bagi orang asia mungkin sesuatu yang nggak wajar, tapi kalau disini umur yang lebih muda dari itupun ada, meski tetap aja sih jadi perhatian orang karena si baby masih merah.
Kami keluar karena alasan tertentu, karena nemanin mama ke dokter ( hasil bekas jahitan operasi ada yang mencurigakan).
Karena mama kepengen makan di Restourant Italy.. sorry ya nak.. pengen banget soalnya makan garlic bread, dan saladnya.
Karena si Daddy pengen Emily punya photo yang bagus, jadi terpaksa harus ke studio di Mall.

Tapi alhamdulillah, Emily sehat meski karena flu dan batuk yang melanda suasana rumah jadinya dia sedikit rewel, cuman pertumbuhannya Ok kok.

Sampai usia 3 minggu lebih beberapa hari ini, Emily belum dibawa ke dokter yang harusnya 2 minggu harus di cek beratnya dan dia joundice atau nggak.
Sebabnya, Dokter yang aku percaya ( dokternya anak anakku yang lain juga), Dokter Servera, baru buka clinicnya tanggal 18 ini, jadi ya udah sekalian nunggu pas sebulan aja deh, sekalian Michael 4 years cek-up
Tapi meski aku belum bawa ke clinic Dr. Bel,aku sudah sempat tlp beliau. hal itu yang bikin aku senang pergi ke dokter ini, aku bisa consultasi kapan aja , soalnya dia seorang ibu dan dia bisa ngerasain gimana khawatirnya si ibu kalau anaknya sakit.

Waktu aku konsultasi sama beliau, dia bilang nggak harus dibawa pas umur 2 minggu, selama dia nggak joundice ( kuning kulitnya ) dan beratnya bertambah.
Beratnya sih bertambah, aku nimbangnya dengan cara , aku naik dulu ketimbangan,aku lihat berapa beratku,trus aku naik lagi sambil gendong Emily, dari selisih berat gendong Emily dan beratku, ya itulah berat Emily..dan hasilnya lebih dari 7 lbs 2 onz ( berat sewaktu Emily lahir).

Tali pusar Emily sudah lepas sendiri,saat sekarang, nurse di hospital menyarankan tali pusar tidak diberi apa apa , tidak perlu di olesi betadine atau apapun, dibiarkan begitu saja tanpa harus di tutup atau di perban, bahkan kalau pasang pampers jangan sampai ketutup tali pusarnya. hasilnya 7 hari kering dan lepas dengan sendirinya.
Yang penting kita harus selalu perhatikan kondisi tali pusarnya jangan sampai kena air atau air kencing, harus selalu kering. Emily sih sebelum tali pusarnya lepas cuman aku lap lap aja , nggak aku mandiin dulu.
Kemarin papaku sms-in aku tanya soal tali pusar ( umblica cord), apa ada aku simpan, sebab mungkin beliau baru aja membaca baca kalau penelitian sekarang sisa tali pusar baby bisa mengobati leukemia atau penyakit darah lain.

Aku sih sudah simpan sejak Michael lahir dulu, mamaku yang ngajarin, menurut mama, tali pusar yang direndam dialcohol atau minyak kelapa kalau si baby/ anak sakit perut bisa di olesi dan mengobati si anak, percaya atau tidak!?..aku lakuin dan memang manjur tuh, jadi sisa tali pusar Emily kemarin aku simpan dikertas tisue belum aku masukin kedalam botol, eh.. kok hilang tisuenya untung papaku ingetin jadinya aku giat nyari lagi, dan untungnya ketemu.

Di America sini sudah ada sih Bank ( penyimpanan ) untuk Umblica cord, tapi bayarnya masih mahal lah.

nah hebatkan orang Indonesia (salah satunya mamaku), orang America belum tahu fungsi umblica cord (baru baru saja diselidiki), nah kita orang Indonesia sudah tahu sejak puluhan tahun lalu, dan mungkin ratusan tahun lalu, soalnya mamaku juga diajarin dari orang-orang tua sebelumnya.

Photo taken from Didymos-waves



Begitu juga soal gendongan anak (gendongan di dada), orang Indonesia sudah make kain panjang gendong anaknya didada, entah sejak kapan mereka menggunakan.
Nah disini, baru baru ini aja jadi trend, kemarin aku lihat di Mall orang make gendongan anak didada gitu, cuman bedanya sama gendongan di Indonesia, mereka lebih praktis.
kayaknya kita harus cepat cepat bikin hak Patent soal gendongan kain ini, sebelum orang Malaysia me-claim kalau itu mereka yang ciptakan hehehe.

(photo taken from Bernas )

Aku yang tadinya mau beli gendongan kain itu, akhirnya ngubek ngubek tumpukan kainku, eh ada kain panjang-selendang) buat gendongan dari jawa..dikasih temanku.
Ya sudah aku pake itu deh buat gendong Emily lagi, dulu sih Ryan aku gendong juga tapi cuman dirumah aja, habis temanku suka godain, katanya ketahuan banget orang Indonesia-jawa, yang dari ucapan dia kesannya kampungan banget.
Tapi sekarang aku nggak bakal malu lah kalau gendong Emily di mall pake gendongan itu.
Ternyata negara kita tuh sebenarnya lebih maju banyak juga loh, cuman kita aja yang nggak nyadarin..

Pernah nyobain kencing buat obat mata? nah kita patenin juga yuk ( gimana caranya bikin hak patent ya) obat manjur tuh , siapa tahu bentar lagi ditemukan benar benar berkhasiat dan jadi trent juga .. who knows?

Comments

ubikan said…
Ah payah dikaw Hol, dulu masa jamannya Ryan malu pake selendang keluar ?
Kalo gw bisa mah gw udah bawa dari Indo seblonnya, gw bisa sih.. plagi kudu ngiket kepunggung kita.

Untung yah Hol, elo punya kain.
Gw ampe karang sayang ajah tuh udah beli baby carrier yang dipoto, udah gak kepake malah skarang, abis Reyya tambah berat :D
Anonymous said…
Baru tau kalo tali pusar bisa ngobatin anak, emang seh orang tua kita sering bilang ada unsur tele batinnya cm habis itu lewat gt aja ngga terlalu aku kerjain.

mba Holl..sebenernya minggu ini aku mau ngangkat gendongan anak ini cuma aku cancel krn sepertinya ga penting, tp setelah baca pendapat mba holly yg tinggal di luar sepertinya emang itu perlu di tulis yaa...krn sepertinya di indo sendiri pemakaian kain itu udah sangat jarangkrn orang kota menganggap itu kuno dan ga keren banget....sedih khan..pdhl justru kl pake gendongan itu kt jd deket sm anak kan, drpd dibiarkan di stroller, ahk itu kan cuma pendapat ya.
Anonymous said…
Mba, aku mau nulis soal gendongan kain ini di blogku yaa..makasih lho...
aku said…
Emily...... iya bener, mirip michael waktu bayi ya...
ryan anteng banget maen deket emily :)

eh cerita tali pusar emang udah lama ya di indo, tapi kalo gak salah, yang dibanking itu bloodnya ya, punya si kaka juga disimpan tuh, tapi belon dipake apa2, kalo kaka sakit suka lupa sih

iyaaa gendongannya seruuuu.... tapi aku gak bisa ngelilit2nya tuh holly, melorot terus, mesti dibikin praktis sama yang dijual2 itu deh, nanti lihat patternya ah, trus jahit sendiri, ehehhe....

btw lupa mo nanya, disini apa people picture, masih ada ga kupon gratisanna :P heheh... *kalo gak ya ga papa
kiky f said…
disini juga masih malah stemscord gitu, hihihihi
anak2x gue dulu bisa tidur kalo digendong pake kain ala mbok2x jamu itu...pulessss....:))
Mama Krucils said…
wahh aku plg gak bisa pake gendongan kain itu, justru BS/mamaku yang seneng pake gendongan itu .. katanya emang lebih manteb yaa ..

Oh ya, maksudmu sisa tali pusar yg lepas itu yaaa ??? aku sih emang nyimpen semua punya anak2ku ...

Eehhh baru tau kalo air kencing bisa ngobatin mata .. hihiiii .. bau gak ya .. hehehe ..
bibip said…
ah yg kebarat2an bukannya eman jd kelas di negara kita hehe...

aku jg pake gendongan buat hime baby, skrg sih udah mulai berat ^o^, mo gendong blkg depan bisa lho, yg penting denger detak jantung emaknya si baby bakal tenang :)