Just curiousity

minggu kemarin ( aku lupa harinya ) aku lihat ABC Tv story program tentang photo kecelakaan seorang gadis di CA sana, awalnya aku nggak mau tahu ,soalnya di bilang gambarnya tuh mengerikan bikin kita mau muntah, tapi rasa penasaranku bikin aku pengen lihat.
dan Internet memudahkan semuanya.
Cewek ini cantik banget semasa hidupnya, anak orang kaya di CA sana, bapaknya aja punya mobil Porche seharga $150.000 , hampir seharga sebuah rumah di state aku ini. Dia tanpa izin bapaknya bawa tuh mobil dengan kecepatan 110 mph di highway CA-241, padahal dia belum pernah ngendarai tuh mobil, akhirnya tabrakan deh, motong mobil lain dan akhirnya nabrak concrete tollbooth, dan meninggal seketika.
Ya photonya memang mengerikan dan kalau dibayangin terus bisa bikin kita jadi vegetarian ( kayak dulu aku pernah vegetarian hampir lebih dari 2 tahun, cuman karena lihat movie ).
nah yang ini nggak seseram yang aku bayangkan, cuman jadi lebih hati hati kalau nyetir mobil.
orang tua si anak sue CHP 20 milions karena sudah membiarkan itu foto beredar di internet.
tapi nggak dikabulkan sama court.
Aku kayaknya pernah lihat photo itu dikirim junk mail, cuman aku nggak tahu kalau apa yang menyebabkan dia ketabrak. karena berita di abc news ini aku jadi ngerti deh.

Ya banyak lagi sebenarnya photo yang lebih mengerikan dari itu, seandainya tuh orang tua nggak ngesue atau nggak nyebarkan berita ini sampai dimedia mungkin orang juga nggak tahu kalau itu photo anak mereka, dan aku nggak bakal lihat itu photo dan nulis cerita ini untuk remind myself to be carefull and protect my kids more

begitu juga cerita yang laki laki hamil, mereka nggak mau orang lain tahu, tapi ngapain juga diberikan, lagian itu sebenarnya wanita kok,cuman lesbian trus dia sudah legal jadi laki laki, meski semua alat kewanitaanya tetap aja ada.
semua itu cuman cari sensasi kan? nggak kepikiran belakangannya.
apa mereka nggak mikir gimana kalau orang lain tahu dan setelah anaknya besar bakal mengejek dia .
coba dia diam diam aja, neighbornya aja awalnya tahunya istrinya kok yang hamil, disini mana ada sih orang tahu kalau kita hamil/melahirkan kalau kita cuman diam dirumah.
tetanggaku aja cuman tetangga sebelah yang tahu kalau aku hamil itupun aku kasih tahu. coba kalau aku diam diam aja dan keluar rumah langsung pake mobil yang naik mobilnya dalam garace yang automatic kebuka, jadi meski aku bawa mobil sendiri pun nih tetangga mana tahu sih perutku buncit..
jadi intinya semua tuh cuman bikin mereka lebih ngetop aja tanpa mikir efectnya setelah berita ini tersiarkan.
Dan internet memang is the best,
aku juga bisa lihat photo orang yang nggak mau aku lihat photonya lewat internet cuman lewat search aja.. aku dapat deh tuh photo...hebatnya internet.
meski photonya di lock, ahh emang aku nggak bisa lihat ? aku bisa kok ngehack juga, tapi buat apa? , sekedar lihat photo bolehkan, dan itu nggak ngehack cuman buka file yang dia simpan difree account di internet kok. lagian cuman aku pengen tahu aja kayak apa sih dia sekarang.. just curousity..my natural habit gitu istilahnya :)

Makanya hati hati deh pasang photo, kalau photo itu private banget dan nggak mau dilihat orang, nggak perlu bikin friendster, nggak perlu bikin blog, atau nggak perlu pasang pasang photo diinternet.
jadi kalau sudah ada photo atau informasi apapun yang kamu berikan di internet, pasti semua orang siapapun bisa bacanya.
dan jangan marah kalau ada orang berbicara tidak bagus , itu resikonya, dan jangan nuduh orang yang melihat photo kita itu iri atau gimana, sebab kita nggak bisa nuding satu orang itu saja, sebab banyak orang bisa lihat photo kita.
ini pelajaran berharga juga buat aku soal internet,dan bagaimana kita jangan percaya 100% sama privacy internet. harus terus waspada.

Comments

Mama Firza said…
Waspadalah.. Waspadalah.. Bener bgt, kita kudu ati2 dng internet, jaman skrg klo mau ngetop gampang bgt ya..
Huahhh.. Kangen bgt lama ga mampir euy.. Kapan mudik mba? Mangganya dah mule berbuah tuh, enak buat ngerujak..
D-eby said…
Yang gak habis pikir si man aka woman yang hamil itu !
aduh..maunya apa toh ? jadinya kok 1/2-1/2..
Bener..yang gw kasihanin banget itu malah nasib si anak dikemudian hari. Apa jadinya psikologi si anak kalo tahu dia dilahirkan dari "bapaknya".
Kiamat emang dah deket...jaman yang dah edan tambah wuedannnn tenann.
ubikan said…
Duhh memang yah jadi ortu itu gak gampang. Ngebayangin sedih banget ortu itu anak cewek yang tabrakan.
Btw, penasaran deh gw ngeliat picnya Hol.

Bisa kirim ke ubikan@gmail.com ?
Tx y!
Anonymous said…
Waduhh saya ngga berani euy liat2 begituan apalagi lg hamil gini ihh ngeri diceritain aja udah ngeri apalagi liatnya hehe...

yah jaman sekarang apa yg ngga mungkin ya..semua bs terjadi heheh...kayaknya emang udah tanda2 mau kiamat yaa....
aku said…
bener, dengan internet semua terbuka. kalo kita sudah jumping into internet, ya resiko semua orang mengetahui. sementara namanya orang gak semuanya baik kan?
makanya bener juga harus hati2, bukan foto saja, juga apa yang ditulis, bisa jadi bukti tertulis, heheh...

waduh jadi syerem juga, foto baik2 bisa diedit jadi syur...
mochie said…
Bener yg namanya uda bikin FS, blog whatever ya resikonya terkenal di internet ya..

Btw, gmn cara foto kita gak di hack... or di lock gitu?

Gambar anak gadis itu seserem apa sih, email donk!