Cerita 101 macam ( bagian 1)

Udah lama nggak update.. jadi ceritanya bakal seingatku aja.. saking bakal banyak yang diceritakan dan tidak berurutan sejarahnya.. makanya aku kasih judul 101 macam
ceritanya masih seputar anak anak dan kehidupanku disini.
Aku mulai dari Michael graduation .. ( aku cari dulu tanggalnya di Facebook..lupa sih dan nggak asyik kalau nggak pas tanggalnya ) May 25 ..2010
Ceritanya hari itu aku datang awal sekali dari waktu yang ditentukan..cuman tiba tiba Emily haus dan minum ada di mobil .
Jadi kami balik ke mobil lagi buat minum.. begitu datang lagi resepsionis sekolah Mrs. Jo-ann bilang kalau bagusnya kita masuk aja dan langsung duduk.
bener aja waktu kami masuk orang orang yang datang belakangan dari kami sudah duduk dan sebelnya ..ada juga rupanya tap tap-an kursi..jadi mereka udah blokir beberapa kursi yang memang strategis buat didudukin.. ahh baru tahu ternyata adat itu dimana mana memang ada ya. ( aku ngerasa nggak fair deh ..apalagi kalau mereka ambil sampai sebaris kursi terdepan..buat seluruh anggota keluarga mereka tetangga dan teman dekat mereka ..( harusnya 2 orang tua ( ibu dan bapak siswa) aja ya cukup dispecialkan duduk dibarisan terdepan) .. hehehe jadi curhat deh.
Dan yang lebih kecewa lagi kelasnya Michael ternyata berada disisi kiriku dan aku duduk di posisi tengah.. ( itu lagi jeleknya ..harusnya aku tanya sama mereka dimana kelasnya anakku.. note " tahun besok harus tanya dulu ..saat Ryan tampil ".

Tapi lumayan deh aku dapat juga dari pada kayak kasus Ryan dulu aku datang telat malah nggak bisa sama sekali lihat dia tampil ( natalan disekolah Ryan )

Michael terlihat seperti anak kebanyakan.. aku nggak tahu kenapa gurunya masih anggap dia lebih baik dikelas special need.. itu lagi yang jadi ke khawatiranku..
lagi lagi tahun depan dia tetap masuk kelas special need itu karena gurunya khawatir dia belum bisa Mandiri ..dan masih nangis..
Nangisnya ini juga yang terus aku atasi.. sekarang tiap dia nangis aku selalu tanya kenapa kamu nangis... kadang dia udah mulai bisa menguraikan dengan kalimatnya kenapa dia nangis..
cuman lebih seringnya aku nebak nebak sendiri..sebab dia sendiri nggak tahu kenapa dia nangis..
Kayak kita kalau lagi down..atau kecewa aja .. no reason buat nangis..cuman pengen nangis aja..gitu kali.
Contoh kasarnya..disaat latihan karate..dia kira giliran dia untuk maju.. nggak tahunya dia salah dengar.. dia mundur lagi ke posisinya semula.
Mungkin dia malu.. tapi meski nggak ada yang menertawakan dia ( karena memang hal itu sering terjadi ) tapi itu bikin dia netesin air mata..
Dan dengan bersusah payah dia hapus air matanya..dan berusaha tersenyum.
Aku yang melihat dia dari jauh melakukan itu..ikut sedih hatiku. ingin rasanya aku panggil dia dan peluk dia untung tenangkan hatinya.. tapi aku kembali berfikir.. biar dia coba untuk atasi masalah dia..
Dan akhirnya karena senseinya juga nggak anggap itu bukan kesalahan yang fatal jadi beliau anggap nggak ada masalah.. ya udah didiamin aja sama beliau..
Michael pun akhirnya berhasil mengatasi masalahnya sendiri.

Aku kadang memang kurang sabar kalau lihat dia tiba tiba menangis tanpa alasan.
aku bentak dia.. " anak laki kok cengeng" kataku..aku pengen dia kasih contoh buat adik adiknya kalau segala sesuatu itu nggak harus dengan tangisan.

tapi dilain pihak aku maklumin ..aku bisa merasakan gimana sedihnya dan kecewa..sama halnya kekecewaanku saat aku tidak bisa jadi juara disekolahku atau dikelasku.
kekecewaanku saat aku nggak bisa jadi juara 1 renang. atau karate.
kekecewaanku saat aku nggak bisa ikutan jambore pramuka karena yang diutamakan cuman anak anak Boss Pertamina.
atau kekecewaanku saat SMA tidak bisa ikut pasukan paskibraka karena cara jalanku yang kurang menarik menurut orang lain.
dan masih banyak kekecewaanku yang lain.
Tapi itu aku kecewa memang karena orangtuaku menuntut aku untung selalu unggul.
Beliau tidak pernah merasa bangga kalau cuman juara 2 or 3...dan itu nggak akan aku lakukan buat anakku..
sebesar apapun usaha mereka aku nggak akan segan kasih pujian hadiah atau pelukan tanda aku bangga sama mereka.. aku akan selalu lakukan itu.
Bukan sekedar hadiah yang aku inginkan.. tapi ucapan dari kedua orangtuaku akan prestasiku aku selalu inginkan. dan itu nggak pernah aku dapatkan.
Meskipun dari Om dan Tanteku ... mereka bercerita kalau Almarhum Mamaku bangga sekali sama aku.. dan selalu cerita tentang Holly yang begini dan Holly yang begitu..dengan bangganya.
Tapi aku belum pernah dengar Mamaku katakan itu langsung padaku..
Ah mungkin memang cara beliau yang sungkan untuk memuji ..karena beliau anggap pujian bikin orang jadi lemah..mungkin karena itulah beliau nggak pernah memujiku dihadapanku.
ahhh.. tapi walau bagaimanapun aku bangga kok sama cara mama mendidikku.. tapi aku ingin aku bisa dekat sama anak anakku dari kecil sampai dewasa..
kalau dulu aku cuman bisa dekat ( seperti sahabat ) sama mama hanya setelah menikah..sebelumnya.. Mama bagiku adalah orang yang sanggat aku takutin ..takut kalau dimata beliau aku lemah.. takut kalau dimata beliau aku tidak tegar..
Aku sungkan untuk bermanja manja dengan beliau..
ahhh.. semoga anak anakku bisa jadikan aku sahabat mereka .

tuh kan ceritanya ngalor ngidul.. ya udah dulu deh.. ntar cerita bagian selanjutnya

Comments

yenni 'yendoel' said…
hol, orang tua kita memang tipe jadul, gak bisa mengungkapkan di depan anak. tapi dibangga2in di depan orang lain. beda dg generasi kita ketika jadi orang tua. kita bnayak baca di internet, buku dll tentang parenting. pasti akan menerapkan cara yg berbeda.
kamu betul banget, ada saatnya biarkan anak kita mengatasi sendiri masalah2 mereka. kayak contoh michael tadi. aku singkat mike boleh gak? hehehee.. mike itu biasanya singkatan buat michael , kayak angie singkatan utk angelica, angelique, angelina, dll. kalo gak boleh, gak aku singkat. wekekekeekkk...!
kalo sekolah2 di china, acara model wisudaan gitu, sering batasin. kadang ada yang ortu cuman boleh datang 1 orang malah. soalnya di china kan orang banyak, lahan terbatas. sekolah juga kalo nyewa tempat, gak bisa segede-gede gaban. ponakan ku acara 'lulus2an' cuman datang ibunya. mestinya itu, tempat2 di depan dikhususkan buat ortu. kalo tetangga dan teman, yah duduk di belakang yah. kan kasian orang tua bersangkutan.
ya boleh kok dipanggil mike..meski prefer Michael aja hehehe..

Ya harusnya gitu ya yang didepan khusus orangtua murid aja ..bukannya satu kelurahaan didepan semua :(